Jelang 2019, Polda Belum Mampu Tuntaskan Kasus Gedung PWI Sulsel 

66
Papan bicara kepemilikan lahan terpajang di depan gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Selatan, di Jalan Andi Pangerang Pettarani, Makassar, Jumat (30/11/2018). (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kasus korupsi penyewaan gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulsel hingga kini masih di tangan pihak Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan. Padahal, kasus tersebut sudah bergulir sejak pertengahan 2017 lalu. 

Informasi yang dihimpun, berkas perkara tersebut sebenarnya telah dinyatakan lengkap alias P21 oleh Kejaksaan Tinggi Sulsel pada November 2018 lalu. Kelengkapan berkas perkara oleh Polda Sulsel itu membutuhkan waktu setahun lebih sejak mantan ketua PWI Sulsel, Zulkifli Gani Ottoh alias Zugito dinyatakan tersangka pada 12 September 217 silam. 

Namun, saat dikonfirmasi soal pelimpahan tersangka Zugito ke tim Jaksa Penuntut Umum (JPU), hingga kini Polda belum melimpahkannya. 

“Belum, belum ada (tahap dua),” ujar Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sulsel, Kombes Pol Yudhiawan Wibisono kepada Sulselsatu, Minggu (16/12/2018). 

Terkait kondisi itu, Yudhiawan mengaku belum menerima laporan dari anak buahnya soal jadwal pelimpahan Zugito ke Kejaksaan.

Lambannya penanganan kasus ini juga mendapat sorotan dari Lembaga Anti Corruption Commitee (ACC) Sulawesi. Mereka nenilai bahwa sikap Polda Sulsel terkesan seakan-akan menutupi kasus Zugito hingga belum dilimpahkan ke Kejaksaan. 

“Memang sejak awal kami melihat polda setengah hati menuntaskan kasus ini, seharusnya jika sudah P21 tahap pertama, maka segera tahap 2 agar kejaksaan bisa segera mendaftarkannya di PN untuk disidangkan,” ujar anggota ACC, Angga, kepada awak media beberapa waktu lalu. 

Penulis: Hermawan Mappiwali 
Editor: Hendra Wijaya

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Tak Hanya Gerindra, Caleg PKS Ini Rasakan Efek Positif Prabowo-Sandi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Efek positif Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno...

Bawaslu Jeneponto Lantik 1.101 Pengawas TPS

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bawaslu Jeneponto melantik 1.101 Pengawas Tempat...

Forum Perangkat Daerah Sinjai Rakor Penyusunan RKPD

SULSELSATU.com, SINJAI - Pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) yang...

Baca Juga