Kukuhkan MPIG, Husler Harap Pengurus Bisa Permudah Terbitnya IG di Lutim

31
Pengukuhan pengurus MPIG oleh Bupati Luwu Timur HM Thorig Husler di rumah jabatan bupati, Senin (17/12/2018). (Ist)

SULSELSATU.com, LUTIM – Untuk mengembangkan komoditi lada yang dihasilkan di Kabupaten Luwu Timur agar dapat menembus pasar, dibutuhkan pengakuan produk berupa penerbitan indikasi geografis.

Atas dasar tersebut, pemerintah Kabupaten Luwu Timur mengukuhkan Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) yang merupakan wadah yang memiliki nama serta pengakuan untuk mendukung keberhasilan serta peningkatan ekonomi petani.

Pengukuhan MPIG tersebut dilakukan Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler, di Aula Rumah Jabatan Bupati Luwu Timur, Senin (17/12/2018).

Dalam sambutannya, Husler menagatakan, di pasar nasional maupun internasional sampai saat ini lada Luwu Timur telah menempati peran tersendiri, namun kenyataannya nama lada Luwu Timur belum ada daftar perdagangan nasional maupun internasional.

Hal ini, menurut Husler, berdampak pada mekanisme pasar lada lokal yang belum terkelola dengan baik, di mana rantai pasar masih panjang karena pihak investor belum mengetahui bahwa di Kabupaten Luwu Timur terdapat sentra produksi lada yang mampu bersaing dari produksi lada daerah lain.

“Besar harapan saya dengan setelah dikukuhkan pengurus MPIG dapat mempermudah terbitnya IG Luwu Timur, sehingga dapat mengurangi permasalahan utama yang dihadapi oleh para pelaku usaha dan pelaku utama komoditi lada saat ini,” ujar Husler.

Dengan adanya wadah ini, sambungnya, diharapkan juga menjadi motivasi bagi petani-petani lada yang belum tergabung dalam MPIG untuk menghasilkan produk lada yang dapat memenuhi permintaan pasar.

Kepala Dinas Pertanian Luwu Timur, H. Muharif dalam laporannya mengatakan, pengukuhan ini sebagai dukungan pemerintah daerah terhadap usulan penerbitan Iindikasi geografis lada Luwu Timur.

Adapun susunan pengurus MPIG yang dikukuhkan yakni, Ketua Muhammad Arfah BM, Sekretaris Muhammad Daling dan Bendahara Ani.

Pengukuhan pengurus MPIG yang dilanjutkan dengan ekspose deskripsi usulan indikasi geografis lada Luwu Timur menghadirkan narasumber Ketua Asosiasi Indikasi Geografis Indonesia (AIGI), Dr. Ir. H. Riyaldi. MM, Pakar Indikasi Geografis Unhas Dr. Ilham Latunra serta Pengurus MPIG Kabupaten Luwu Timur.

Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Baca Juga