iklan Kareba Parlementa

Selandia Baru Legalkan Ganja Pada 2020

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, JAKARTA – Pemerintah Selandia Baru dikabarkan bakal melegalkan ganja di negaranya. Jika hal ini disepakati, maka Selandia Baru akan menjadi yang pertama di Asia Pasifik dan ketiga di dunia yang melegalkan ganja.

Legalisasi ganja menjadi salah satu topik yang dibahas dalam referendum yang akan diadakan bersamaan dengan pemilihan umum di tahun 2020. Langkah melegalkan ganja adalah bagian dari perjanjian antara Partai Buruh yang sedang berkuasa dan Partai Hijau.

“Kami sudah lama mengadvokasi referendum yang mengikat bersama undang-undang dengan kerangka regulasi yang jelas dan berdasarkan bukti. Dengan begitu kami dapat menghindari komplikasi penuh perdebatan seperti Brexit,” tulis Ketua Fraksi Partai Hijau di Parlemen Selandia Baru, Chloe Swarbrick, melalui akun Twitternya, dikutip dari CNN, Rabu (19/12/2018).

Berbicara di hadapan Parlemen bulan lalu, Swarbrick mengecam legislator yang tak mendukung legalisasi ganja padahal mengaku menggunakan narkoba di masa muda.

“Sebagian besar dari kami (anggota Parlemen) secara pribadi telah mengakui melanggar hukum dan mengonsumsi obat-obatan terlarang. Dan sekarang kita memimpin hukum yang menghakimi perlakuan serupa,” kata Swarbrick.

Tak hanya kaum pejabat, sebagian besar warga Selandia Baru juga mendukung legalisasi tersebut. Menurut jajak pendapat yang dilakukan Badan Obat Selandia Baru awal tahun ini, 2/3 responden mendukung baik legalisasi maupun dekriminalisasi ganja.

“Kami tahu dari jajak pendapat selama beberapa tahun belakang bahwa mayoritas warga Selandia Baru mendukung reformasi hukum cannabis (ganja),” kata juru bicara untuk Koalisi Reformasi Ganja, Sandra Murray.

Meskipun begitu, Murray mengaku tak mengetahui lebih rinci ke arah legalisasi ganja seperti apa yang didukung masyarakat.

“Sayangnya kami belum mendapat keterangan lebih rinci lagi mengenai jajak pendapat tersebut. Apakah responden mendukung orang dewasa memiliki dan menanam ganja untuk penggunaan pribadi, atau hanya membeli ganja dari tempat berlisensi saja. Ini merupakan dua kemungkinan yang bisa diloloskan, tergantung hasil referendum,” ujar Murray.

Jika Selandia Baru melegalkan ganja, negara ini akan menjadi negara ketiga setelah Uruguay dan Kanada yang melakukan hal serupa.

Sembilan negara bagian di AS dan Kolombia juga mengizinkan penggunaan ganja untuk rekreasional. Beberapa bagian di Eropa juga telah melegalkan ganja sebagai obat.

Editor: Awang Darmawan

Iklan PDAM
...

Populer

VIDEO: Habis Nonton Film Porno, Seorang Ayah di Medan Tega Setubuhi Anak Kandung

SULSELSATU.com - Seorang pria di Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatra Utara tega setubuhi anak kandungnya. Dalam video terlihat pelaku berada di kantor polisi untuk dimintai keterangan. Pelaku...

Gempa di Sulbar, Wali Kota Parepare Intruksikan Jajarannya Salurkan Bantuan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, prihatin atas gempa berkekuatan 6,2sr yang terjadi di Sulawesi Barat. Dimana mengakibatkan berbagai fasilitas pemerintahan...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Artikel Lainnya

Jelang Pilwali, Disdukcapil Target Perekaman e-KTP Sebanyak-banyaknya

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Jelang Pilwali Makassar, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil...

SYL Pimpin Konsolidasi Caleg NasDem di Bantaeng

SULSELSATU.com, MAKASSAR - DPD NasDem Kabupaten Bantaeng menggelar konsolidasi caleg DPRD...

Kapolda Turut Sambut 5.469 Mahasiswa Baru UIN Alauddin Makassar 

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ribuan mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar...

Pemkab Gowa Gelar Self Assessment IKK LPPD 2018

SULSELSATU.com, GOWA - Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Bagian Pemerintahan dan Otonomi...

Istri Honorer DPRD Makassar Terima Santunan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sekretariat DPRD Kota Makassar mencairkan dana Jaminan Kecelakaan...

Terkini

Tak Hanya Kirim Bantuan, Taufan Pawe Juga Akan Kunjungi Korban Gempa di Sulbar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ketua DPD I Golkar Sulsel, Taufan Pawe berencana...

Kontraktor dan Pemprov Sulsel Berseteru, Asosiasi Konstruksi Justru Diam

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Perseteruan antara Pemprov Sulsel dan para kontraktor tak...

Tanpa Lawan, Azhar Arsyad Kembali Pimpin PKB Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Azhar Arsyad akhirnya terpilih kembali sebagai Ketua DPW...

Dua Korban Gempa Sulbar Dirawat di RS Andi Makkasau Parepare, Begini Kondisinya

SULSELSATU.com, PAREPARE - RSUD Andi Makkasau Parepare saat ini tengah menangani...

VIDEO:Salut, Aksi 3 Ukhti Ajak Bocah Penjual Krupuk Makan di Restoran

SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan tiga wanita yang mengajak bocah penjual...