Awal Tahun 2019, Penggunaan Kantong Plastik di Jakarta Tidak Dibolehkan

Ilustrasi. (Int)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta akan memberlakukan peraturan soal larangan menggunakan kantong plastik. Rencanannya, larangan yang berbentuk pergub itu diberlakukan awal tahun depan.

“Segera, mungkin awal tahun 2019,” kata Sekretaris Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, seperti dilansir CNN Indonesia, Rabu (26/12/2018).

Saefullah mengatakan, Pemprov DKI menerima masukan-masukan dari para ahli maupun masyarakat mengenai sampah plastik. Ia pun berharap larangan kantong plastik itu dapat diterapkan semua masyarakat Jakarta saat pergub itu resmi disahkan.

“Jika pergub sudah jadi, yang paling penting adalah penegakannya bukan sekadar pergub saja tetapi bagaimana implementasinya di tengah-tengah masyarakat,” kata Saefullah.

Larangan penggunaan kantong plastik bertujuan meminimalkan dampak negatif akibat bahan-bahan tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Isnawa Adji mengatakan, selama ini sampah paling banyak yang dihasilkan masyarakat adalah jenis sampah plastik.

“Plastik berpotensi memberikan dampak (bagi) kesehatan manusia karena mengandung karsinogen untuk kanker. Banyak sekali mereka (sampah plastik) jadi sampah kita di Jakarta, di selokan, di jalan, di trotoar,” tuturnya, Rabu (28/11).

Lewat Pergub larangan plastik, kata Isnawa, pemerintah ingin warga Jakarta beralih ke pemakaian kantung yang ramah lingkungan.

Pergub itu nantinya juga mengatur soal sanksi denda penggunaan kantong plastik sebesar Rp5 juta sampai Rp25 juta. Namun sebelum diterapkan, Pemprov DKI akan melaksanakan masa sosialisasi selama enam bulan.

Editor: Hendra Wijaya