iklan Kareba Parlementa

OPINI: Keunikan Integrasi Pertanian dan Pariwisata

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, THAILAND – Masyarakat Indonesia terkhusus warga Takalar telah lama mengenal nama Bangkok, ibu kota Thailand. Selain karena Thailand bagian dari ASEAN, warga Takalar juga mengenalnya karena produk pertanian yaitu ayam bangkok dan jambu bangkok.

Iklim, tanah dan topografi sama dengan di Indonesia dan Takalar khususnya. Thailand juga negara agraris. Sepanjang jalan menuju provinsi-provinsi sekitar Bangkok terlihat lahan pertanian padi, buah-buahan dan tambak membentang luas.

Namun bukan hanya aspek budidaya pertanian yang maju tapi Thailand serius menggarap mulai dari pengolahan limbah pertanian sampai pada pengintegrasian pertanian dengan pariwisata.

Objek-objek wisata berbasis pertanian dan kelautan seperti taman bunga yang luas, pementasan gajah, serta wisata bahari dipenuhi oleh UKM penjual buah segar dengan potongan-potongan kecil yang hygienis seperti mangga, jambu air, jambu bangkok, nanas disuguhkan sebagai cemilan.

Inilah keunikannya, cemilannya bukan gorengan atau produk olahan dari industri makanan modern seperti yang banyak terlihat di Indonesia, tapi buah segar hygienis. Kalaupun ada produk olahan pertanian, itu adalah hasil olahan UKM yang sudah terregistrasi dan tersertifikasi.

Pemanfaatan limbah pertanian pun menjadi bagian yang menarik. Pemanfaatan limbah sekam padi diubah menjadi produk bernilai tinggi sudah dilakukan di negeri ini.

Demikian pula pemanfaatan limbah pertanian lainnya menjadi produk kerajinan tangan seperti batok kelapa, limbah kayu, hal yang sama memang banyak kita jumpai di objek wisata di pulau Jawa dan Bali namun belum dikembangkan dengan baik di Takalar.

Di negeri ini, dari pusat sampai daerah telah mengembangkan produk utama dan limbah menjadi ladang bisnis dan pembuka lapangan kerja, dan inilah keunikan selanjutnya yang bisa kita seriusi sebagai suatu model.

Mereka menggarap dengan serius, sementara di Takalar dan umumnya daerah di Indonesia masih fokus pada produk utama seperti beras, jagung. Itulah sebabnya selama setahun pemerintahan, kami berusaha mengajarkan melalui dinas pertanian dan lingkungan untuk memanfaatkan limbah pertanian menjadi produk bernilai ekonomis sebab selama ini hanya menjadi sampah yang membebani.

Dan tahap selanjutnya bekerja sama dengan Dekranasda Takalar akan mengajak berbagai kalangan untuk mengubah limbah menjadi produk kerajinan tangan.

Objek wisata berbasis pertanian dan bahari di negeri ini lingkungannya bersih, asri, indah tertata dengan infrastruktur yang baik dari pusat Kota Bangkok sampai ke daerah.

Namun bukan hanya keasrian, keindahan dan infrastruktur yang ditawarkan, lebih dari itu, keunikan beberapa objek wisatanya dilengkapi dengan edukasi melalui film dan teater sehingga wisata sekaligus memajukan kesenian dan para pengunjung pun mengerti karena bertambah pengetahuannya.

Objek Wisata Taman Bunga dilengkapi dengan pementasan seni alat musik Thailand, budayanya dan juga perjuangan bangsanya sehingga pengunjung mendapatkan tambahan pengetahuan tentang Thailand dan masayatakat dan budayanya.

Contoh lain saat wisatawan mengunjungi peternakan madu, pengelola tidak hanya mempengaruhi pengunjung untuk membeli madu tapi juga diberikan penjelasan detail tentang peternakan lebah, cara menghasilkan madu, manfaat madu sampai kepada produk turunan madu, dengan penjelasan detail seperti ini para pengunjung membeli karena kesadaran atas dasar ilmu dan pengetahuan.

Tentu banyak di antara kita telah mengunjungi negeri ini bahkan negara-negara lebih maju, tapi yang lebih penting bahwa negara seperti Thailand ini sama dengan Indonesia.

Kita bisa berlomba dengan negara-negara tetangga tersebut untuk maju dan bisa mengejar kehebatan negara maju karena Indonesia dari pusat sampai kabupaten/kota memiliki potensi yang luar biasa banyaknya dan bukanlah sebuah aib jika meniru keseriusan negara lain dalam mengintegrasikan pertanian dan pariwisata secara apik, memasarkan potensi pertaniannya dengan baik dengan perencanaan matang.

Bangkok, 1 Januari 2019

Penulis: Syamsari Kitta
Editor: Kink Kusuma Rein

Iklan PDAM
...

Populer

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

OPINI: Tulisan Arif Saleh Tentang Hari Sumpah Pemuda

SULSELSATU.com, WAJO - Banyak cara dilakukan memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober. Salah satunya, memaknai lewat catatan atau tulisan. Seperti...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

BNPB Adakan Webinar Anak Muda Bawa Perubahan

SULSELSATU.com - BNPB Indonesia akan menggelar acara Launching Buku KKN Tematik COVID-19 dan Webinar Edukasi Masyarakat melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik COVID-19...

OPINI: Belajar dari Suku Indian

Oleh: Bupati Takalar, Syamsari Kitta Peserta International Visitor Leadership Program, Minot-North Dakota,...

Artikel Lainnya

Pameran APKASI, Bupati Lutra Jadi Rebutan Media Nasional

SULSELSATU.com, JAKARTA - Tiga media nasional masing-masing, Majalah Gatra, Majalah Mens...

Tekan Penularan Covid-19, Karyawan Bosowa Semen Rutin Tes Swab

SULSELSATU.com, MAROS - Manajemen PT Semen Bosowa Maros (Bosowa Semen) optimis...

Maju Pilkada Pangkep, Lutfi Hanafi Ikut Fit and Propert Tes di PDIP

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Bupati Pangkep Muh Lutfi Hanafi menunjukkan keseriusannya...

Lantamal VI Operasikan Keramba Jaring Apung untuk Budidaya Ikan Laut

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Usai pelepasan bibit lobster di keramba jaring apung...

Dinas Kearsipan Hadiri Raker Komisi A DPRD Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komisi A DPRD Kota Makassar menggelar rapat kerja...

Terkini

Tak Diperhatikan Walikota Sebelumnya, Ibu-Ibu di Tallo Curhat ke Melinda Aksa

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ibu-ibu di kampung Karabba, Jl Sultan Abdullah RT...

Imam Fauzan Jadi Pembicara di Forum Internasional

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Untuk memperingati hari jadinya yang ke-75, Perserikatan Bangsa-Bangsa...

Syaharuddin Alrif Ingatkan Ini di Hari Sumpah Pemuda

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan Syaharuddin Alrif punya...

Appi-Rahman Calon Komplit, Demokrat Percaya Diri Bekerja Meyakinkan Masyarakat

SULSELSATU.com, MAKASSAR - DPD Partai Demokrat Sulawesi Selatan menggelar Rakorda dengan...

Difitnah Politik Uang, Anir-Lutfi Siap Tempuh Jalur Hukum ke Mabes Polri

SULSELSATU.com, PANGKEP - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Pangkep, Andi...