Sarri: Fabregas Memang Harus Pergi

Cesc Fabregas. (INT)

SULSELSATU.com – Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri mendukung keputusan Cesc Fabregas untuk meninggalkan Stamford Bridge. Menurutnya, ini merupakaan saat yang tepat bagi pemain asal Spayol itu untuk berpisah dengan The Blues.

Fabregas diboyong Chelsea pada tahun 2014 dari Barcelona. Kontraknya besama The Blues akan kadaluarsa di akhir musim 2018/19. Artinya hanya tersisa sekitar enam bulan.

Namun, Fabregas sudah mengambil keputusan untuk angkat kaki. Laga antara Chelsea vs Nottingham Forest di putaran ketiga Piala FA yang berlangsung pada 5 Januari kemarin, disinyalir sebagai pertandingan terakhir Fabregas bersama The Blues.

Usai pertandingan, Fabregas pun melambaikan tangan ke arah suporter sambil menitikkan air mata. Tanda penghormatan terakhir mantan pemain Barcelona dan Arsenal itu bagi para pendukung The Blues.

“Saya hanya bisa memberikan pendapat, karena saya tidak tahu apa keputusan klub. Pendapat saya, dia (Fabregas) harus pergi,” kata Sarri sebagaimana dimuat Scoresway.

“Di klub ini ada peraturan, pemain berusia di atas 30 tahun hanya diberikan perpanjangan kontrak satu tahun. Saya tidak ingin pemain penting seperti Cesc merasa tidak senang,” sambungnya.

“Jika Cesc angkat kaki, tentu saja kami membutuhkan pengganti. Tanpa Cesc, kami hanya punya lima gelandang.”

Kedatangan Maurizio Sarri ke Stamford Bridge musim ini membuat grafik penampilan Fabregas terjun bebas. Jarang diberikan kesempatan bermain, tercatat Fabregas baru 15 kali turun membela The Blues di semua kompetisi di musim 2018/19.

Itupun dengan waktu bermain yang terbatas. Enam kali turun di Liga Inggris musim ini, Fabregas baru satu kali tampil penuh di liga. Sisanya, Fabregas hanya menjadi pemain pengganti atau digantikan.

Di bawah asuhan Sarri, di Liga Inggris, Fabregas baru mencatatkan 175 menit pertandingan dari 21 pekan. Jumlah tersebut sangat sedikit jika melihat peran Fabregas saat Chelsea masih diasuh Antonio Conte, di mana musim lalu dia melahap 2310 menit dari 32 pertandingan Liga Inggris.

Meninggalkan Chelsea, Fabregas kabarnya akan merumput di Liga Prancis bersama AS Monaco . Fabregas akan reuni dengan mantan rekannya di Arsenal, Thierry Henry yang saat ini melatih Monaco.

Namun, Henry juga masih bungkam perihal rumor Fabregas. Dirinya hanya menanggapi kabar kepindahan Fabregas dengan datar.

“Cesc bebas berpergian dan bertemu dengan siapa saja,” kata Henry.

“Seperti yang anda tahu, dia mendapat stading ovation (usai pertandingan kontra Nottingham Forest. Bahkan ada air mata. Dia sudah memberikan banyak kepada Liga Inggris.”

“Kami memang bertemu baru-baru ini, dan kami menunggu. Sejak saya meninggalkan Arsenal, kami berkomunikasi setiap tiga hari sekali. Itu tidak berubah hingga beberapa hari lalu,” ungkap Henry.

Editor: Awang Darmawan