Logo Sulselsatu

Gejolak Ekonomi Global Juga Berpengaruh ke Sektor Properti

Asrul
Asrul

Rabu, 09 Januari 2019 19:32

Ilustrasi. (INT)
Ilustrasi. (INT)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kondisi ekonomi global yang tidak menentu juga memberikan dampak besar terhadap pertumbuhan sektor properti. Tahun 2019 ini, sektor properti diprediksi baru akan tumbuh pada semester II.

Wakil Sekjen DPP REI, Arief Mone mengatakan, pasar properti pada tahun 2018 dinilai merupakan yang terendah sejak tahun 2013 lalu. Sementara untuk tahun ini, diprediksi akan mulai tumbuh di semester II.

“Optimis industri properti dapat tumbuh di 2019. Karena siklus properti itu naik turunnya dalam waktu lima tahun. Sehingga asumsinya, 2019 ini properti akan tetap tumbuh dibandingkan tahun sebelumnya,” beber Arif Mone, Rabu, (9/1/2018).

Baca Juga : World Bank Ramal Resesi Ekonomi 2020, Paling Rendah Pasca-Perang Dunia II

Sementara dalam kondisi tiga tahun terakhir, Arif melihat masyarakat cenderung wait and see karena kondisi global ekonomi secara umum. Ini memberikan pengaruh secara psikologis kepada segmen menengah atas, yang membuat masyarakat berpikir akan lebih bagus pegang uang dari pada berinvestasi.

Sponsored by MGID

Arif juga menilai kondisi perekonomian Sulsel yang tetap bagus menandakan tetap adanya peredaran uang di masyarakat. Dimana kondisi ini akan membuat investasi di perumahan akan meningkat.

“Selain itu, kebutuhan rumah masih tinggi. Ini alasan saya menyebut kenapa bisnis properti masih tetap tumbuh di tahun ini. Mudah-mudahan bisa tumbuh diatas 5 persen lah. Saya berharap, properti kembali bergairah seperti lima tahun lalu,” jelas Arif.

Baca Juga : World Bank Ramal Resesi Ekonomi 2020, Paling Rendah Pasca-Perang Dunia II

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Awang Darmawan

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama28 Oktober 2021 01:33
Wali Kota Danny Jadi Tim Penguji di Munas IAI
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) hadir dalam Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) ...
Berita Utama28 Oktober 2021 00:09
Kebakaran di Allu Tarowang Jeneponto, Bocah 8 Tahun Tewas Terbakar
SULSELSATU.com, Jeneponto – Kebakaran rumah kembali terjadi di Jeneponto. Kali ini rumah panggung milik Satturia dg Sangka (55) di Dusun Likusar...
Video27 Oktober 2021 23:20
VIDEO: Nekat, Maling Ini Ketahuan Saat Bobol Mesin ATM di Markas TNI
SULSELSATU.com – Seorang pria kedapatan saat membobol mesin ATM di markas TNI viral di media sosial. Dalam video terlihat pria itu berada di dal...
Sponsored by MGID
Berita Utama27 Oktober 2021 20:46
Bupati Iksan Sebut, Puskesmas di Jeneponto “Cantik” Karena Aliyah Mustika
SULSELSATU.com, Jeneponto – Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar memberi apresiasi kepada anggota DPR RI, Aliyah Mustika atas kontribusi dan perhati...