Logo Sulselsatu

KASN: Pengangkatan Kadis Bina Marga Sulsel Cacat Prosedur

Asrul
Asrul

Kamis, 10 Januari 2019 21:40

Jumras. (int)
Jumras. (int)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menemukan kesalahan prosedur dalam penunjukan Kepala Dinas Bina Marga dan Konstruksi Provinsi Sulsel, Jumras. KASN mendapati pengangkatan Jumras dari pejabat eselon II/B ke eselon II/A cacat prosedur.

KASN pun kemudian merekomendasikan Pemprov untuk mengembalikan jabatan Jumras di tempat sebelumnya, yakni Kepala Biro Pembangunan Setprov Sulsel.

Komisioner Bidang Pengaduan dan Penyelidikan KASN, I Made Suwandi saat dikonfirmasi mengatakan, memang benar jika proses pengisian jabatan Jumras cacat prosedur. Sebab, kata dia, pihak pelaksana dalam hal ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) mengabaikan pelaksanaan secara lelang terbuka.

Baca Juga : Temui Sekprov, KASN Tekankan Netralitas ASN di Pilkada 2020

“Ceritanya, ada yang mengadukan bahwa yang bersangkutan dari kepala biro ke kepala dinas, jadi itu promosi,” kata Suwandi, saat dihubungi, Kamis (10/1/2019).

Sponsored by MGID

Berdasarkan aturan pengangkatannya, lanjut Suwandi, untuk jabatan eselon II/B ke eselon II/A merupakan promosi sehingga diwajibkan melalui proses lelang terbuka.

“Jadi kan dari II/B eselonnya, ke II/A. Sementara kalau aturan, itu promosi namanya. Sementara aturanya jika promosi harus seleksi terbuka, beda kalau dari kepala biro ke kepala biro, tidak perlu seleksi terbuka cukup assesment saja,” papar Suawandi.

Baca Juga : ASN Sulsel Paling Banyak Pelanggaran, Didominasi Politik Praktis

KASN sebelumnya telah melakukan klarifikasi terhadap laporan yang diterima, dengan mengundang Sekprov Sulsel, Kepala BKD dan terlapor atau dalam hal ini Jumras. Suwandi mengatakan, pihaknya juga mengirim tim untuk melakukan mengumpulkan data ke Makassar.

Diketahui, pengangkatan Jumras ini terjadi pada era kepemimpinan penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Sumarsono. Saat itu, Soni, sapaan akrab Sumarsono melakukan pengisian jabatan di eselon II, III dan IV.
Sala satunya mengangkat Jumras sebagai pelaksana tugas (plt) sebagai upaya Soni untuk memudahkan Jumras definitif Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Awang Darmawan

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

OPD06 Desember 2021 20:47
Rangga Janji Perjuangkan Aspirasi Warga Saat Reses Bisa Terealisasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Sulsel Fachruddin Rangga kembali melakukan reses pada titik keempat di Kelurahan Pa’bundukang, Kecamat...
Berita Utama06 Desember 2021 20:13
Capaian Vaksinasi di Jeneponto Masih Rendah, Satgas Covid-19 Sulsel Turun Tangan
SULSELSATU.com, Jeneponto – Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sulsel turun tangan langsung melakukan vaksinasi di Jeneponto. Kedatangan tim Satgas Co...
Breaking News06 Desember 2021 20:05
Varian Omicron Terus Menyebar, Pemerintah Tunda Pemberangkatan Umroh Sampai Tahun 2022
SULSELSATU.com, JAKARTA – Varian Omicron terus menyebar ke sejumpah negara. Melihat kondisj tersebut, Pemerintah memutuskan untuk menunda pember...
Sponsored by MGID
Ekonomi06 Desember 2021 19:46
BRI Tanggap Bencana Semeru, Kerahkan Mobil Evakuasi dan Bangun Posko Bantuan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Proses penanganan bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur masih terus berjala...