Kasus Pinjaman Online BRI Abal-abal, Pelaku Lancarkan Aksinya Sambil Berkebun

91
Rilis kasus penipuan online nasabah BRI di Mapolda Sulsel, Jumat (11/1/2019). (Sulselsatu/Hermawan Mappiwali)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dit Reskrimsus Polda Sulsel baru-baru ini kembali membekuk dua pelaku yang terlibat dalam kasus penipuan online di Kabupaten Sidrap.

Pelaku yang merupakan warga Kelurahan Sumpang Mango, Kecamatan Pitu Riawa itu diketahui bernama Sudirman (34). Sedang satu rekannya lagi bernama Suparman (30).

Modus pelaku adalah, menawarkan pinjaman online dengan mencatut nama BRI dengan bunga yang sangat rendah. Korban yang berminat dengan tawaran itu diarahkan untuk mengunjungi website BRI tiruan untuk mengisi sejumlah data, termasuk data rahasia seperti Pin ATM.

Korban yang memberikan password atau pin ATM miliknya akan sangat mudah dibobol oleh pelaku untuk dikeruk isi tabungannya.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani menjelaskan, meski belajar otodidak, pelaku cukup cepat menguasai trik-trik membobol rekening korban yang terperdaya memberikan data rahasianya.

“Bahkan beberapa pelaku ada yang kita tangkap di kebunnya. Jadi dia melancarkan aksinya itu dikebun,” ujae Dicky Sondani saat rilis kasus tersebut di Mapolda Sulsel, Jumat (11/1/2019).

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Baca Juga