60 Pengendara Kena Tilang Elektronik, Terbanyak karena Lewati Zebra Cross

312

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sejak peluncurannya akhir Desember 2018 lalu, sebanyak 60 pengendara di Kota Makassar terkena tilang elektronik. 

“Sampai sekarang yang sudah diberi surat tilang elektronik itu 60 pelanggar, dan mereka otomatis terblokir (STNK-nya),” ujar Bintara Tilang Satuan Lalulintas Polrestabes  Makassar, Aipda Murdadi kepada sulselsatu, Sabtu (12/1/2019) malam. 

Murdadi melanjutkan, dari 60 pelanggar yang ada, sebagian besar di antaranya hanya karena melewati garis tempat penyeberangan bagi pejalan kaki di badan jalan. 

“Hampir sebagian besar memang melanggar marka atau rambu. Sejauh ini 70 persen mereka melanggar garis putih atau zebra crosa itu kan,” ujarnya. 

Ia pun mengaku bahwa memang selama ini masyarakat kebanyakan tidak sadar atau juga  acuh tentang ketentuan bahwa dilarang melewati zebra cross lantaran sudah menjadi hak bagi pejalan kaki yang hendak menyeberang jalan. 

“Meski hanya melewati zebra cross itu, mereka tetap kita tilang. Semoga dengan begitu angka masyarakat tertib lalu lintas semakin membaik,” ujarnya. 

Murdadi pun sangat berharap agar pemberlakuan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) dapat merubah budaya dan cara pandang masyarakat. 

“Bahwa ketertiban berlalu lintas tanggung jawab kita bersama,” tutur Murdadi.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

DPD Partai NasDem Maros Gelar Rapat Persiapan Kedatang Surya Paloh

SULSELSATU.com, Maros -- Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai NasDem...

VIDEO: Wow! Pengemis Ini Ternyata Punya Mobil dan Supir Pribadi

SULSELSATU.com, JAKARTA – Seorang pengemis yang setiap harinya biasa...

Batasi Hingga 45 Ribu Pendaftar, Ini Jadwal Penerimaan Maba UMI

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makasar membuka...

Baca Juga