“Pak Ogah” Masih Menjamur di Ruas Jalan Utama Kota Makassar

39
"Pak Ogah" di Makassar. (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)


SULSELSATU.com, MAKASSAR
– Menjamurnya pengatur jalan yang meminta uang jasa kepada para pengguna jalan atau yang kerap disebut Pak Ogah makin membuat pengguna jalan di Makassar resah.

Kehadiran Pak Ogah dinilai sama sekali tidak membantu mengurai kemacetan, melainkan justru semakin menambah kemacetan jalan, khususnya di jalan-jalan utama Kota Makassar.

Herman, salah seorang pengguna jalan, mengaku kesal pada Pak Ogah sebab ia pernah dipaksa memberi uang dengan cara kekerasan. Dia berharap pemerintah segera menertibkan Pak Ogah yang kian hari kian banyak.

“Kenapakah mereka tidak diterbitkan, padahal kita sebagai pengguna jalan ini merasa terganggu. Belum lagi kalau kita dipaksa kasih uang. Jadi, tolong pemerintah ditertibkan itu Pak Ogah,” kata Herman, kepada Sulselsatu.com, di Jalan Veteran Selatan, Ahad (13/1/2019).

Berdasarkan pantauan Sulselsatu.com pukul 14.00 WITA, di sepanjang Jalan Veteran Utara hingga ke Jalan Veteran Selatan, ada 5 kelompok Pak Ogah yang sedang mencari kesempatan dari pengguna jalan yang melintas di sepanjang jalan tersebut. Satu kelompok Pak Ogah terdiri dari 3 orang, namun ada juga yang hanya bertugas sendirian.

Mirisnya, pekerjaan Pak Ogah tersebut bukan hanya dijalani oleh orang dewasa, terlihat pula beberapa anak yang masih berusia belasan tahun tengah berusaha mengatur kendaraan yang ingin memutar jalan di jalur putar balik.

Salah seorang Pak Ogah bernama Adi menuturkan, sulitnya mendapatkan pekerjaan membuatnya harus menggunakan jalan raya sebagai ladang mencari rezeki.

“Mau mi diapa, susah ki cari kerja, apalagi kita ini cuma tamatan SD ji. Jadi, begini ji bisa dikerja,” ujarnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Kink Kusuma Rein

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Bertemu Aliyah, Kades Bontomangape Keluhkan Pencabutan Insentif PPKBD

SULSELSATU.com, TAKALAR - Karunia Ramli, selaku Pelaksana Tugas (Plt)...

Surya Paloh Imbau Warga Maksimalkan Hak Pilihnya

SULSELSATU.com - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengimbau...

PDAM Parepare Butuh Rp30 Juta untuk Suplai Air ke Pegunungan, Tetapi

SULSELSATU.com, PAREPARE - Menanggapi krisis air di Kota Parepare,...

Baca Juga