Ketua Apindo Sulsel: Era Revolusi Industri 4.0 Bukan Ancaman Dunia Kerja

29
Ketua Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Apindo Sulsel, La Tunreng. (Sulselsatu/Asrhawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel, La Tunreng menyebutkan era Revolusi Industri 4.0 tidak perlu menjadi kekhawatiran bagi tenaga kerja. Sebab, era ini bukanlah ancaman bagi dunia kerja.

“Persoalan tenaga kerja dalam penerapan revolusi industri ini, tidak perlu dikhawatirkan. Tidak semua pekerjaan dikendalikan oleh mesin atau bahkan robot,” kata La Tunreng, Senin, (14/1/2019).

Menurutnya, yang menjalankan mesin adalah manusia. Sehingga, persoalan tenaga kerja pada penerapan revolusi industri ini yang digantikan oleh mesin ini tidak perlu menjadi kekhawatiran.

Esensinya, penerapan revolusi industri dengan kemajuan teknologi yang hadir, membuat industri harus mampu bersaing dan lebih produktif. Sehingga, perubahan oleh industri ini, membuat kemampuan tenaga kerja yang dibutuhkan serta karakter pekerjaan juga berubah.

Sehingga tantangan ke depan bagi tenaga kerja, kata La Tunreng, adalah harus mampu dan siap untuk berkompetisi agar tidak terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) yang kemudian akan digantikan oleh mesin.

Sekadar diketahui, beberapa kasus dimana pekerja digantikan oleh mesin telah terjadi di gerbang tol Makassar. Peralihan penggunaan uang tunai menjadi uang elektronik di gardu tol Makassar mengakibatkan sebahagian pekerja di PHK.

Namun, sebagian pekerja tetap dipekerjakan sebagai perawat untuk mesin gardu tol otomatis (GTO).

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

DPD Partai NasDem Maros Gelar Rapat Persiapan Kedatang Surya Paloh

SULSELSATU.com, Maros -- Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai NasDem...

VIDEO: Wow! Pengemis Ini Ternyata Punya Mobil dan Supir Pribadi

SULSELSATU.com, JAKARTA – Seorang pengemis yang setiap harinya biasa...

Batasi Hingga 45 Ribu Pendaftar, Ini Jadwal Penerimaan Maba UMI

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makasar membuka...

Baca Juga