Makassar Gagal Raih Adipura, Dewan: Instrospeksi Buat Pemkot

95
Ketua Komisi D DPRD Kota Makassar, Sampara Sarif. (Sulselsatu/Asrhawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kota Makassar gagal meraih Piala Adipura tahun ini. Padahal sejak 2015 lalu, Kota Makassar selalu menyabet penghargaan tinggi bagi kota yang berhasil dalam hal kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan itu.

Melihat kondisi ini, Ketua Komisi D DPRD Makassar, Sampara Sarif mengatakan, kegagalan Kota Makassar menyabet Piala Adipura mungkin dipengaruhi pada kriteria penilaian.

“Jangan sampai kriteria tahun ini tidak sama dengan kriteria tahun lalu. Ini perlu kita lihat karena bagaimana pun juga Makassar ini sekarang berbenah walaupun untuk penyempurnaannya tidak bisa dipungkiri di mana-mana masih ada yang bermasalah,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, (14/1/2019).

Dia pun menyayangkan tidak berjalannya lagi beberapa program kebersihan kota, seperti misalnya program Gendang Dua dan masih banyaknya lorong yang belum mendapatkan lampu jalan.

Menurutnya, hal itu bisa saja turut berpengaruh terhadap kriteria penilaian sehingga Makassar gagal mempertahankan Piala Adipura.

“Olehnya itu, ini adalah instrospeksi kepada Pemkot untuk melihat bagaimana caranya kriteria penilaian dari pusat terhadap kabupaten kota untuk mendapatkan Adipura barangkali berbeda dengan yang lalu,” tambahnya.

Meski begitu, ia tak menampik bahwa Kota Makassar terus berbenah untuk menjadi lebih baik walaupun masih ada sudut kota yang perlu ditangani.

“Oleh karena itu, kita imbau kepada seluruh masyarakat untuk berperan aktif bagaimana caranya bersama-sama dengan stakeholder yang ada di kelurahan, RT, RW untuk terlibat penuh memperbaiki lorong-lorong kita sampai di pulau-pulau agar Makassar tambah bersih ke depan,” harapnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Buka Musrenbang RKPD, Suard Saleh Minta Anak Buahnya Buat Perencanaan Matang

SULSELSATU.com, BARRU - Bupati Barru Suardi Saleh membuka Musrenbang...

Suardi Saleh Buka Bimbingan Sosial Bagi Lansia di Dinsos Barru

SULSELSATU.com, BARRU - Bupati Barru Suardi Saleh menghadiri bimbingan...

Serahkan LKPD ke BPK, Taufan Apresiasi Kinerja OPD

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe...

Baca Juga