Pemindahan Ilham Arief Sirajuddin ke Lapas Makassar Bakal Dikaji KPK

49
Ilham Arief Sirajuddin (IAS) memeluk istrinya, Aliyah Mustika

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Surat pemindahan mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin dari Lapas Sukamiskin, Jawa Barat ke Lapas Kelas IA Makassar saat ini masih dikaji kemungkinannya oleh Ditjen PAS Kementrian Hukum dan HAM.

Kepala Lapas Makassar, Budi Sarwono mengatakan, kajian tidak hanya dilakukan oleh Ditjen Kementrian,  namun juga pihak KPK juga bakal turut ambil bagian. 

“Jadi di pusat itu sudah ada tim pengamat pemasyarakatan, dan harus ada persetujuan KPK juga,” ujar Budi Sarwono, Selasa (15/1/2019). 

Budi melanjutkan, setiap pemindahan tahanan juga harus melihat atau mempertanyakan masih ada atau tidak perkara lain yang terkait dengan tahanan tersebut. 

“Karena yang nyidik, yang nuntut KPK, jadi ditanyakan apakah masih ada perkara atau tidak yang terkait dengan pak IAS,” ujarnya. 

“Mereka (KPK) kan pasti lebih tahu,” tambahnya. 

Ilham Arief Sirajuddin sendiri merupakan eks Wali Kota dua periode dan dikabarkan bakal bebas pada tanggal 19 April mendatang. Jadwal bebas tersebut menjadi salah satu alasan pemindahan IAS. 

Berdasarkan putusan MA, ia didakwa selama empat tahun dalam kasus dugaan korupsi kerja sama Rehabilitasi, Operasi, dan Transfer Instalasi Pengolahan Air II Panaikang di PDAM Makassar periode 2007-2013.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Hendra Wijaya

Rekomendasi Berita

Baca Juga