Logo Sulselsatu

Begini Cara Chat Via WhatsApp Tanpa Perlu Save Kontak

Asrul
Asrul

Rabu, 16 Januari 2019 09:43

Ilustrasi. (int)
Ilustrasi. (int)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pernah mengalami kesulitan saat ingin chating via WhatsApp dengan nomor yang belum tersimpan di kontak? Ternyata WhatsApp punya pitur untuk masalah ini.

Caranya?

Klik untuk Chat, demikian WhatsApp menamai fitur tersebut. Lewat fitur ini, kamu bisa memulai chat dengan seseorang tanpa harus menyimpan nomor telepon orang tersebut di buku telepon ponsel.

Baca Juga : Tenaga Kesehatan Dapat Daftar Vaksin Covid-19 Via Whatsapp

Syaratnya, tentu saja, kamu harus mengetahui nomor orang bersangkutan. Artinya, kamu tidak bisa nge-chat dengan sembarang orang. Nomor telepon itu justru menjadi aspek penting dalam fitur Klik untuk Chat di WhatsApp ini. Selain itu, patut diingat pula bahwa nomor telepon yang hendak kamu ajak chat itu tentunya harus punya akun WhatsApp yang aktif.

Sponsored by MGID

Melansir Detik, Rabu (16/1/2019) dari laman resmi WhatsApp, fitur Klik untuk Chat ini pada dasarnya memungkinkanmu membuat tautan sehingga bisa chat dengan orang yang nomornya tidak kamu save itu. Begini prosesnya.

Langkah pertama nge-chat di WhatsApp tanpa save nomor ini adalah membuat tautan sendiri lewat browser dengan format dasar sebagai berikut:

Baca Juga : Tegas! Pengguna WhatsApp Tak Bisa Kirim Pesan Bila Tolak Aturan Baru

https://wa.me/

Yang harus kamu perhatikan adalah tersebut harus kamu isi dengan nomor telepon lengkap dalam format internasional.

Dengan menggunakan format tersebut, laman web WhatsApp pun mencontohkan penggunaannya ketika sudah disertai nomor telepon, sebagai berikut:

Baca Juga : WhatsApp Bakal Luncurkan 138 Emoji Baru di Android

https://wa.me/628561333111

Seperti terlihat dari contoh tersebut, penggunaan nomor telepon dalam format internasional membuatmu harus menghilangkan setiap angka nol (di depan), tanda kurung, atau tanda hubung.

Jadi, jangan menggunkan bentuk seperti ini: https://wa.me/+62-856-133-3111

Baca Juga : WhatsApp Bakal Luncurkan 138 Emoji Baru di Android

Selain itu, fitur Klik untuk Chat ini juga membuatmu bisa membuat tautan sendiri langsung beserta isi pesan. Untuk memahami lebih lanjut, simak saja contoh berikut ini.

Format baku yang mesti dipakai adalah: https://wa.me/nomorteleponwhatsapp/?text=teksberkodeurl

Contoh: https://wa.me/628561333111?text=Saya%20tertarik%20untuk%20membeli%20mobil%20Anda

Baca Juga : WhatsApp Bakal Luncurkan 138 Emoji Baru di Android

Selain itu Klik untuk Chat ini juga membuat kamu bisa menulis pesan dalam tautan, yang kemudian bisa kamu kirim ke orang dalam kontakmu.

Contoh: https://wa.me?text=Saya%20memiliki%20pertanyaan%20mengenai%20apartment%20yang%20disewakan

Setelah mengeklik pada tautan tersebut, daftar kontak di ponselmu akan muncul untuk kemudian kamu kirimkan pesan tersebut.

Baca Juga : WhatsApp Bakal Luncurkan 138 Emoji Baru di Android

“Klik untuk Chat berfungsi baik pada telepon ataupun WhatsApp Web Anda,” sebut WhatsApp.com di bagian faq-nya. Selamat mencoba.

Editor: Hendra Wijaya

 

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Aneka20 Oktober 2021 14:46
Pentingnya Penguasaan Teknologi Bagi Pemuda Dimasa Pandemi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tantangan bagi anak-anak muda di Indonesia makin kompleks diera pandemi Covid-19 sekarang ini. Selain diharap kontrib...
Berita Utama20 Oktober 2021 14:26
Hadiri Pelantikan Pengurus GP Ansor Jeneponto, Ini Harapan Sekda
SULSELSATU.com, Jeneponto – Sekretaris Daerah Jeneponto, Syafruddin Nurdin hadir langsung dalam Pelantikan Pimpinan cabang Gerakan Pemuda Ansor ...
Ekonomi20 Oktober 2021 13:50
PLN Kembali Tambah Pasokan Listrik ke PT HNI di Bantaeng 90 MVA
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT PLN (Persero) kembali menyalurkan tambahan daya listrik sebesar 90 Mega Volt Ampere (MVA) ke PT Huadi Nickel-Alloy Ind...
Sponsored by MGID
Makassar20 Oktober 2021 13:36
4 Tahun Komunitas Perempuan, Ini Harapan Ketua TP PKK Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail secara resmi membuka kegiatan seminar yang digelar oleh Komunitas Per...