Logo Sulselsatu

Pembayaran Lahan ITH Terlambat, DPKPP : Terkendali Dipengurusan Berkas

Asrul
Asrul

Minggu, 20 Januari 2019 23:00

Kasi Pengadaan dan Pengaturan Lahan DPKPP Parepare, Ulfa Lanto. (Ist)
Kasi Pengadaan dan Pengaturan Lahan DPKPP Parepare, Ulfa Lanto. (Ist)

SULSELSATU.com, PAREPARE – Pembebasan lahan Institut Tekhnologi Habibie (ITH) dinilai terlambat dibayarkan. Bahkan sempat diisukan keterlambatan disebabkan anggaran di Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kota Parepare tidak tersedia.

Menanggapi hal itu, Kasi Pengadaan dan Pengaturan Lahan DPKPP Parepare, Ulfa Lanto menampik keterlambatan pembayaran bukan karena anggaran tidak tersedia. Namun, pengurusan berkas pencairan yang dinilai sulit.

“Anggaran untuk pembebasan lahan kami selalu siap. Hanya saja, memang terkendala dipengurusan berkas pemilik lahan. Proses pengurusannya itu yang menghambat pembayaran ganti rugi,” ujar Ulfa, Minggu (20/1/2019).

Baca Juga : Kabar Gembira! Warga Parepare Pasien Covid Isoman di Rumah Bakal Diberi Tunjangan Uang

Ulfa menjelaskan, berkas pencairan yang dimaksud yakni, Surat Perintah Membayar (SPM), Surat Permintaan Pembayaran (SPP), Surat Pernyataan Penguasaan Fisik Bidang Tanah (Sporadik), Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), alas hak, buku rekening, BAP, dan BAPGKDBU.

Sponsored by MGID

“Jika berkas yang diminta telah lengkap, maka kami sarankan pemilik lahan segera membawa ke Kelurahan setempat. Nanti, pihak kelurahan yang membawanya kesini. Pemilik lahan hanya perlu tunggu dirumah,” ujarnya.

Menurutnya, hingga saat ini sekitar 40 bidang tanah yang telah terbayarkan, dengan anggaran sebesar Rp4,6 miliar, dari total anggaran yang disediakan sebesar Rp7,5 miliar.

Baca Juga : Alhamdulillah! Pemkot Parepare Lunasi Insentif Nakes, Menyusul Insentif Tenaga Vaksinasi

“Diantara pemilik lahan ada tiga yang menolak, namun kami masih lakukan pendekatan kekeluargaan. Jika masih menolak, maka akan dilakukan konsinyasi,” ucapnya.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya

 

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video27 September 2021 23:22
VIDEO: Harimau Berukuran Besar di Grobogan Ternyata Hanya Editan, Pelaku Beri Klarifikasi
SULSELSATU.com – Seekor harimau berukuran cukup besar muncul di dekat pemukiman warga di Grobogan, Jawa Tengah. Video tersebut dibagikan oleh ak...
Makassar27 September 2021 21:13
Pulihkan Pariwisata Sulsel, Forum Pariwisata Sulsel Bergerak Launching Hastag #KeSulSelmi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Pariwisata Sulsel Bergerak melaunching slogan hastag #KeSulSelMi di Kopi Kebun Jalan Racing Center Makassar, Se...
Video27 September 2021 20:57
VIDEO: Badak Bercula Satu Lepas, Tampak Berjalan Santai di Jalan Raya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan badak bercula satu jalan-jalan di sebuah jalan raya. Dalam video terlihat badak bercula satu tengah...
Sponsored by MGID
Makassar27 September 2021 19:46
Kanwilkumham dan Dinsos MoU Pembinaan Warga Lapas, Plt Gubernur Sulsel Harap Ada Sertifikasi Pembinaan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kantor Wilayah Kemen...