Logo Sulselsatu

Ketua Tim Kuasa Hukum Tak Dampingi Bos Abu Tours di Sidang Tuntutan

Asrul
Asrul

Senin, 21 Januari 2019 20:08

Tim kuasa hukum Tri Metty Margaretta Siboro pasca sidang tuntutan bos Abu Tours di Pengadilan Negeri Makassar. (Sulselsatu/Hermawan Mappiwali)
Tim kuasa hukum Tri Metty Margaretta Siboro pasca sidang tuntutan bos Abu Tours di Pengadilan Negeri Makassar. (Sulselsatu/Hermawan Mappiwali)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua tim kuasa hukum terdakwa Hamzah Mamba, Hendro Saryanto dan Kanon memilih tidak hadir saat kliennya dalam sidang tuntutan 20 tahun penjara serta denda Rp100 juta dari tim Jaksa Penuntut Umum.

Hendro hanya mengirim rekannya, Tri Metty Margaretta Siboro untuk mendampingi Hamzah Mamba saat menghadapi tuntutan jaksa di Pengadilan Negeri Makassar, Senin (21/1/2019).

Saat dikonfirmasi Sulselsatu, Hendro mengaku sedang ingin fokus mempelajari salinan tuntutan jaksa yang maksimal sebagaimana dakwaan sebelumnya.

Baca Juga : Jemaah Korban Abu Tours Berangkat Umrah Pakai Biaya Sendiri

“Yang ikut sidang dari kita, namanya Metty, saya di Jakarta lagi persiapan untuk buat pledoi,” ujar dia.

Sponsored by MGID

Sementara Metty yang coba ditemui awak media pasca sidang tidak banyak menjelaskan soal agenda pledoi apa yang ia dan timnya persiapkan untuk membela Hamzah Mamba.

“Kami jawab di pledoi kami nanti. Pokoknya dari kami udah siap dengan pembelaan kami,” ujar Metty singkat.

Baca Juga : Lelang Aset Abu Tours Masih Terganjal Proses Hukum di MA

Seperti diberitakan sebelumnya, Hamzah Mamba disebut telah terbukti secara sah dan meyakinkan perbuatan melawan hukum dengan melanggar pasal penggelapan dan pencucian uang.

Rincian pasal yang dilanggar terdakwa adalah pasal 372 juncto pasal 55 ayat (1) ke 1 juncto pasal 64 ayat (1) ke 1 KUHP tentang penggelapan serta pasal 3 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang Jo. Pasal 55 ayat (1) ke 1 juncto pasal 64 ayat (1) ke 1 KUHP.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Haji Hamzah Mamba, alias Pak Abu alias Hamzah, dengan pidana penjara selama 20 tahun serta denda sebesar Rp100 juta subsider 1 tahun kurungan,” ujar Darmawan di Pengadilan Negeri Makassar.

Baca Juga : Korporasi Abu Tours Terlibat Penggelapan Dana Jemaah

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Hendra Wijaya

 

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video20 Januari 2022 00:14
VIDEO: DPRD Sulsel Wacanakan Pembentukan Pansus Wakil Gubernur
SULSELSATU.com, MAKASSAR – DPRD Sulsel mewacanakan akan membentuk Panitia Khusus atau Pansus Wakil Gubernur Sulsel sisa masa jabatan 2018-2023. ...
OPD19 Januari 2022 23:01
Bertemu Mendikbudristek, Al Hidayat Minta Kuota Guru PPPK Ditambah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar Al Hidayat Syamsu bertemu dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim di Jakarta, Rabu (19/1/202...
Video19 Januari 2022 22:43
VIDEO: Momen Risma Hendak Bersimpuh ke DPR RI untuk Sampaikan Permohonan Maaf
SULSELSATU.com – Menteri Sosial, Tri Rismaharini menyampaikan permohonan maaf ke Komisi VIII DPR RI. Permohonan maaf itu dilakukan atas sikap ja...
Sponsored by MGID
Nasional19 Januari 2022 22:18
Jawab Tren Kebutuhan Masyarakat, Tahun 2022 Gojek Fokus pada Dua Hal Pengembangan
SULSELSATU.com, JAKARTA – Mewujudkan komitme terus menjadi andalan mobilitas masyarakat di tengah pandemi, Gojek melakukam berbagai inovasinya d...