Pertamina Salurkan Rp8,5 Miliar Modal kepada UMKM di Sulsel

242
Pertamina
PT Pertamina (int)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII telah menyalurkan Rp8,5 miliar modal kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Sulsel pada tahun 2018 lalu. Sementara, secara total dana yang tersalurkan sebesar Rp11,7 miliar. 

Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII, M. Roby Hervindo menjelaskan bahwa Pertamina mendukung akses permodalan UMKM melalui Program Kemitraan (PK).

“Tahun lalu Pertamina MOR VII khusus di Sulsel menyalurkan modal sebesar Rp8,5 miliar. Dan, untuk secara total sebesar Rp11,7 milyar rupiah bagi mitra binaan di Sulawesi. Realisasi tersebut melebihi target yang ditetapkan perusahaan sebesar Rp10 miliar rupiah,” ujarnya, Rabu, (23/1/2019). 

Langkah selanjutnya, Pertamina MOR VII menggandeng Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Makassar untuk mendampingi mitra binaan UMKM. Semenjak dimulai pada Oktober 2018 lalu, saat ini UMKM memasuki tahap pemantapan manajemen usaha.

Pertamina juga telah melaksanakan kegiatan coaching dan mentoring aplikasi APIK bagi mitra binaan. APIK merupakan aplikasi akuntansi untuk UMKM berbasis android. Aplikasi tersebut telah memenuhi standar akuntansi Entitas Mikro Kecil Menengah (EMKM) dan dengan mudah dilakukan. 

Salah seorang mitra binaan pemilik dengan usaha konfeksi, Ruslan Nako, menyampaikan bahwa pengenalan aplikasi APIK ini sejalan dengan kebutuhannya yang punya jadwal padat.

“Aplikasi pencatatan keuangan yang dapat dibawa pergi kemanapun, saat belanja bahan, antar pesanan pelanggan dan bahkan pada saat bangun tidur. Saya sudah bisa merencanakan jumlah pengeluaran dan pemasukan usaha saya hari ini,” katanya.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Awanh Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Ini Empat OPD yang Jadi Lokus Kunjungan Benchmarking Diklatpim Asal Selayar

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sebanyak 40 peserta pendidikan kilat pimpinan...

Luncurkan Gerakan ANTIK, Manajemen Hotel Aston Bersihkan Pantai Losari

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Jelang ulang tahun yang ke-7, Aston...

Taufan Ajak Peserta Diklatpim Asal Selayar Tanamkan Jiwa Integritas

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe...

Baca Juga