Tingkatkan Inovasi Penelitian, UMI Gelar Diskusi Bersama Kemenristek Dikit

76

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar kemabali menggelar diskusi sebagai upaya melakukan penguatan dibidang inovasi perguruan tinggi.

Kali ini UMI menggelar diskusi Ilmiah bertajuk “Pengembangan dan Peningkatan Daya Saing UMI dalam Penguatan Inovasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi” di Aula Fakultas Kedokteran UMI, Rabu (23/1/2019).

Diskusi tersebut menghadirkan narasumber dari Direktur Jenderal Ditjen Penguatan Inovasi Kementerian Riset Teknologi dan pendidikan tinggi, Dr. Jumain Appe.

Rektor UMI Prof Basri Moddin mengungkapkan pihaknya terus melakukan kordinasi bersama dosen dan berupaya meningkatkan inovasi dalam penelitian dan pengabdian masyarakat.

Ia berharap dari diskusi ini bisa mendapatkan masukan dan arahan dari kemenristek dikit dalam peningkatan inovasi.

“Kami siap menerima kiat-kiat dari Kemenristek Dikti dan menyiapkan inovasi untuk bisa bersaing dengan perguruan tinggi lain. Dengan niat yang ikhlas dan dengan usaha yang kuat UMI siap diarahkan,” ujar Prof Basri.

Sementara, Jumain membahas mengenai penguatan inovasi dan daya saing perguruan tinggi di era Industri 4.0.

“Bila kita berbicara bagaimana Indonesia kedepan. Kita bicara daya saing karena jika daya saing rendah tentu kita terus berada di tengah. Kita harus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional untuk mendorong productivity dan meningkatkan daya saing,” katanya.

Ia menambahkan, posisi daya saing Indonesia saat ini menempati peringkat 45 dibawah Singapura, Thailand dan Malaysia.

“Untuk peningkatan daya saing, perguruan tinggi harus inovatif dan responsif menghadapi revolusi industri,” tutupnya

Penulis: Abd. Kadir Jaelani
Editor: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Baca Juga