Logo Sulselsatu

Nenek yang Berjuang Selamatkan Cucunya dari Banjir di Gowa Wafat

Asrul
Asrul

Kamis, 24 Januari 2019 09:07

Nenek yang Berjuang Selamatkan Cucunya dari Banjir di Gowa Wafat

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Banjir yang melanda Kabupaten Gowa, Selasa (22/1/2019) membawa kesedihan bagi semua orang. Ribuan orang mengungsi dan belasan orang meninggal akibat musibah ini.

Namun, di balik kesedihan itu ada satu pilu yang menyayat hati. Yakni foto seorang nenek yang tengah berjuang menyelematkan cucunya dari terjangan banjir yang viral di media sosial.

Meski diketahui berhasil selamat, kini sang nenek diketahui telah meninggal dunia.

Baca Juga : Bosowa dan PT Jalan Tol Salurkan Bantuan ke Korban Bencana di Gowa

Jenazah Nurjannah Jalil (50), begitu namanya, kini telah dibawa ke kampung halamannya di Desa Keppe, Kecamatan Larompong, Palopo.

Sponsored by MGID

Perempuan yang sempat terbawa arus banjir bersama cucunya di area Perumahan Zikma Royal Park, Pangkabinanga, Gowa itu menghembuskan nafas terakhirnya di RSUD Syekh Yusuf pada Rabu (23/1/2019) sore.

Sementara sang cucu yang masih berumur 2 tahun, Wali Muhammad Nur berhasil selamat meski kondisinya masih trauma berat.

Baca Juga : Pemkab Lutim Salurkan 6,5 Ton Beras untuk Korban Bencana di Gowa

Menantu korban, Ardi (32) menceritakan detik-detik ibu mertuanya itu berusaha menyelamatkan diri meski akhirnya terbawa arus.

Pada hari banjir bandang datang, sang nenek sempat menghubungi anak dan menantunya yang sedang pergi bekerja. Ia mengabarkan soal air yang mulai meninggi.

“Sempat menelepon bilang banjir, saya kira banjir biasa, palingan sampai mata kaki. Tapi dia bilang bukan banjir biasa ini karena hitungan detik, tidak sampai beberapa menit sudah sampai lutut,” ujar Ardi saat dikonfirmasi Sulselsatu, Kamis (24/1/2019) pagi.

Baca Juga : Ketua PKK Gowa Ajak Komedian dan Sineas Sulsel Hibur Korban Longsor

Ardi pun tersontak dengan penjelasan itu hingga meminta ibu mertuanya segera bergegas untuk menyelamatkan diri bersama cucunya.

“Langsung mi saya bilang, kuncimi saja rumah dan matikan listrik. Baru kita pergi, jangan tunggu Goojek, atau berpikir bawa kendaraan, jalanki keluar, karena memang jalan keluar perumahan itu kurang lebih 300 meter,” kenang Ardi.

Namun nahas, baru di pertengahan jalan, ketinggian air banjir sudah mencapai leher Korban. Langkahnya pun semakin berat ia dalam keadaan menggendong cucunya yang masih berumur dua tahun itu.

Baca Juga : Ketua PKK Gowa Ajak Komedian dan Sineas Sulsel Hibur Korban Longsor

Ardi pun sempat melaporkan hal itu kepada tim Basarnas sambil mengirimkan bukti foto yang ada.

“Nah itu 30 menit (baru datang). Itu disisir ternyata sudah hanyutmi, mungkin nda kuatmi, nda bisami juga saya hubungi, di situmi saya pasrah,” ujarnya.

Korban yang tetap memegang cucunya itu pun akhirnya ditemukan cukup jauh dari tempat semula. Kondisinya yang memburuk membuatnya dilarikan ke rumah sakit daerah setempat. Namun sayang, nyawa korban gagal tertolong.

Baca Juga : Ketua PKK Gowa Ajak Komedian dan Sineas Sulsel Hibur Korban Longsor

Menurut Ardi, jenazah korban sedianya bakal dikebumikan pada hari ini, tepatnya sebelum waktu duhur tiba.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Awang Darmawan

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Breaking News04 Desember 2021 12:57
Usai Viral, Siswi yang Lamar Pria di Pinrang Alami Gangguan Psikis Karena Sering di Bully
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Usai kisahnya viral karena melamar pria di Pinrang, siswi kelas III SMP di Kabupaten Pinrang, Sulsel sering jadi baha...
Ekonomi04 Desember 2021 11:37
Transaksi Agen BRILink Tembus Rp1.000 Triliun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Di tengah maraknya digitalisasi di sektor keuangan, peran AgenBRILink dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tet...
Lifestyle03 Desember 2021 22:46
Rajai Penjualan PT SJAM, Desain Keren dan Futuristik Jadi Pemikat Utama
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Selama tahun 2021 ini, Nmax jadi motor terlaris dalam penjualan PT Suracojaya Abadimotor (SJAM). Total, sudah ada 32....
Sponsored by MGID
Makassar03 Desember 2021 21:36
Peringatan Hari Ibu, Indira Jusuf Ismail Sampaikan Makna Hari Ibu
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail, mengingatkan kembali akan makna hari ibu kepada generasi muda pada m...