iklan Kareba Parlementa

Jokowi dan Prabowo Bakal Beradu Visi Misi di Arena Tanwir Muhammadiyah

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, JAKARTA – Dua calon presiden, Joko Widodo dan Prabowo Subianto dijadwalkan menghadiri Tanwir ke-51 Muhammadiyah yang akan diselenggarakan di Bengkulu pada 15-17 Februari 2019 mendatang. Keduanya akan memaparkan visi misinya di depan kader Muhammadiyah.

Forum tertinggi Persyarikatan Muhammadiyah di bawah Muktamar ini mengusung tema “Beragama yang Mencerahkan”.

Sejumlah tokoh nasional dan internasional dijadwalkan hadir dalam forum yang diikuti oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) se-Indonesia itu. Acara akan dibuka oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla bersama Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Abdul Mu’ti, Sekretaris Umum.

“Kedua Capres itu akan memaparkan visi-misinya di hadapan musyawirin secara terpisah dan di waktu berbeda,” kata Wakil Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur Biyanto dilansir laman pwmu.co, Sabtu (26/1/2019).

Selain pemaparan visi misi capres, sejumlah tokoh juga akan memaparkan seminar internasional pada acara tersebut. Sebut saja Dewan Pertimbangan MUI Prof Din Syamsuddin, Prof Syafig A Mughni dan Prof Dato’ Dr Torla Hassan (UIIM). Mereka dijadwalkan hadir dalam seminar internasional bertema ‘Internasionalisasi Wasathiyah Islam’.

Tak hanya itu, kata dia, Dr Dato Seri Anwar Ibrahim. Mantan Perdana Menteri Malaysia, juga diagendakan mengisi publik lecture tentang ‘Islam dan Tantangan Tata Dunia Baru’.

“Ada pula Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Mendikbud Prof Muhadjir Effendy, Dubes RI untuk Lebanon Hajriyanto Y Thohari dan Ustad Adi Hidayat yang juga dijadwalkan hadir,” ujarnya.

Biyanto menegaskan tema Tanwir kali ini sangat relevan dengan kondisi bangsa yang sedang menghadapi berbagai persoalan krusial terkait hubungan politik dan agama. Terlebih di tahun-tahun politik jelang Pemilu 2019.

“Tatkala memasuki kondisi demikian, elite politik selalu membawa agama dan simbol-simbolnya untuk kepentingan politik kekuasaan. Hal ini menjadi gejala umum. Padahal jika agama dibawa masuk dunia politik, apalagi didasari kepentingan partainya, maka agama akan kehilangan makna kesuciannya. Pada konteks inilah, Muhammadiyah penting memosisikan agama sebagai simbol pencerahan,” papar Biyanto.

Ia berharap umat bisa menampilkan ajaran agama dalam bentuk yang mudah dan menggembirakan. Sebaliknya, jangan menampilkan ajaran agama yang berwajah menakut-nakuti dan membuat orang lain lari.

“Perbedaan pilihan politik adalah wajar dalam kehidupan berbangsa. Karena itu, dalam suasana dinamika politik yang semakin memanas, posisi agama yang ditampilkan melalui perilaku elit dan umatnya harus menyejukkan dan mencerahkan,” imbuhnya.

Editor: Awang Darmawan

Iklan PDAM
...

Populer

VIDEO: Habis Nonton Film Porno, Seorang Ayah di Medan Tega Setubuhi Anak Kandung

SULSELSATU.com - Seorang pria di Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatra Utara tega setubuhi anak kandungnya. Dalam video terlihat pelaku berada di kantor polisi untuk dimintai keterangan. Pelaku...

Gempa di Sulbar, Wali Kota Parepare Intruksikan Jajarannya Salurkan Bantuan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, prihatin atas gempa berkekuatan 6,2sr yang terjadi di Sulawesi Barat. Dimana mengakibatkan berbagai fasilitas pemerintahan...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Artikel Lainnya

BREAKING NEWS: Pesawat Ukraina Berpenumpang 180 Orang Jatuh di Bandara Iran

SULSELSATU.com - Sebuah pesawat penumpang jatuh di Bandara Imam Khomeini di...

Komlab PGSD FIP UNM Ajak Siswa SD Muhammadiyah 3 Peduli Lingkungan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komunitas Laboratorium (Komlab) Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar...

Seragam Pelantikan Iqbal Suhaeb Sudah Siap, Mulai Ujung Rambut hingga Kaki

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Iqbal Suhaeb yang ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) Wali...

Kemenristek Dikti Ingin “Ballo” Dijual di Supermarket

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe berencana...

Musim Hujan Tiba, Adnan Imbau Masyarakat Waspada DBD

SULSELSATU.com, GOWA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengimbau masyarakat untuk...

Terkini

Tak Hanya Kirim Bantuan, Taufan Pawe Juga Akan Kunjungi Korban Gempa di Sulbar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ketua DPD I Golkar Sulsel, Taufan Pawe berencana...

Kontraktor dan Pemprov Sulsel Berseteru, Asosiasi Konstruksi Justru Diam

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Perseteruan antara Pemprov Sulsel dan para kontraktor tak...

Tanpa Lawan, Azhar Arsyad Kembali Pimpin PKB Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Azhar Arsyad akhirnya terpilih kembali sebagai Ketua DPW...

Dua Korban Gempa Sulbar Dirawat di RS Andi Makkasau Parepare, Begini Kondisinya

SULSELSATU.com, PAREPARE - RSUD Andi Makkasau Parepare saat ini tengah menangani...

VIDEO:Salut, Aksi 3 Ukhti Ajak Bocah Penjual Krupuk Makan di Restoran

SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan tiga wanita yang mengajak bocah penjual...