Logo Sulselsatu

JK Setujui Pembangunan Bendungan Jenelata di Gowa

Asrul
Asrul

Minggu, 27 Januari 2019 22:19

Kunjungan JK di Bendungan Bili-bili, Gowa, Minggu (27/1/2019). (ist)
Kunjungan JK di Bendungan Bili-bili, Gowa, Minggu (27/1/2019). (ist)

SULSELSATU.com, GOWA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dalam kunjungannya ke Kabupaten Gowa mengungkapkan persetujuannya dalam pembangunan Bendungan Je’nelata, Minggu (27/1/2019). JK menilai bendungan baru di Gowa ini sebagai antisipasi mengurangi banjir.

“Kita targetkan agar tahun ini sudah bisa dibangun bendungannya. Termasuk juga memperbaiki lahan hutan dan daerah aliran sungai (DAS) yang ada di Gowa,” kata JK.

JK mengtakan, rencana ini juga telah dibicarakan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca Juga : Cakupan Vaksinasi Pelajar di Gowa Capai 10.600 Siswa

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan sudah seharusnya pembangunan bendungan dilakukan. Bahkan ia telah mengusulkan pembangunan ini sejak 2016 lalu.

Sponsored by MGID

“Hasil pertemuan tadi ada langkah jangka pendek yang akan diambil yaitu membangun bendungan. Memang sudah sangat medesak untuk dibangunkan Bendungan Jenelata untuk bisa mereduksi banjir yang ada di daerah Gowa dan Makassar,” ungkapnya.

Adnan menjelaskan, salah satu penyebab arus air yang begitu kuat dan cepat yang terjadi beberapa hari lalu karena saat pembukaan pintu air Bendungan Bili-bili terjadi pertemuan arus yang kuat dari Jenelata. Hal inilah salah satu yang mempengaruhi air begitu cepat naik kepermukaan.

Baca Juga : Peserta Seleksi CPNS di Gowa Diwajibkan Patuh Prokes Ketat dan Vaksin

Melihat kondisi inilah, Adnan menilai pembuatan Bendungan Jenelata sudah sangat mendesak untuk dilakukan. Selain pembangunan Bendungan Jenelata, akan dilakukan pula perbaikan hutan dan lahan-lahan konservasi untuk mencegah terjadinya longsor.

“Kita duduk bersama di gubernuran dan membahas lebih lanjut masalah ini. Bahwa yang harus dilakukan selain pembangunan Bendungan Jenelata adalah melakukan perbaikan lahan, salah satunya dengan reboisasi,” ucapnya.

“Di samping itu, dirinya juga membutuhkan sikap tegas dari masyarakat dalam yang pengalihan fungsi lahan. Sehingga, tidak terjadi lagi pengalihan, yaitu dari lahan konservasi menjadi lahan perkebunan,” pungkasnya.

Baca Juga : Dewan Pendidikan Diharap Bantu Pemkab Gowa Siapkan Sekolah Tatap Muka

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Hendra Wijaya

 

 

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar19 September 2021 16:45
PNLH XIII WALHI, Plt Gubernur Sulsel Dorong Pendekatan Green Economy
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menilai, pendekatan green economy dapat mendorong laju perekonomian. Men...
Sulsel19 September 2021 15:53
Di Malino Bakal Dibangun Wisata Baru Bernuansa Eropa
SULSELSATU.com, GOWA – Objek wisata bernuansa Eropa akan hadir di Kabupaten Gowa, Sulsel. Wisata bernama Kampung Eropa tepatnya akan dibangun di...
Video19 September 2021 15:26
VIDEO: Arena Muscab PPP Makassar Memanas, Rachmat Taqwa Mengamuk
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Arena Musyawarah Cabang (Muscab) DPC PPP Kota Makassar di Hotel Sheraton memanas, Minggu (19/9/2021). Salah satu calo...
Sponsored by MGID
OPD19 September 2021 14:36
Warga Pertanyakan Nasib Stadion, Debbie Tegaskan Pembangunan Tetap Dilanjutkan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Lapangan Sepak Bola adalah salah satu sarana bagi anak dan pemuda untuk mengembangkan bakatnya dalam dunia sepak bola...