Bos Abu Tours Divonis Hakim 20 Tahun Penjara dan Denda Rp500 Juta

Bos Abu Tours Hamzah Mamba saat mengikuti sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Makassar, Senin (28/1/2019). (Sulselsatu/Moh. Niaz Shaarief).

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktur PT. Amanah Bersama Ummat alias bos Abu Tours kini telah menjalani sidang vonis kasus penggelapan dan pencucian uang yang menjeratnya di Pengadilan Negeri Makassar, Senin (28/1/2019).

Ketua majelis hakim, Denny Lumban Tobing dengan ditemani dua hakim anggota, Dodi Hendrasakti dan Muhammad Salim Giri Basuki menjatuhkan vonis kepada terdakwa berupa hukuman tahun penjara

Denny menyatakan, terdakwa telah terbukti secara sah melakukan tindak pidana penggelapan dan pencucian uang jemaah Abu Tours dengan semua unsur dalam undang-undang dalam tuntutan terpenuhi.

Selain itu, hal-hal yang dapat meringankan terdakwa sama sekali tidak ditemukan dalam persidangan.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 20 tahun dengan pidana denda senilai Rp500 juta,” ujar Denny dalam putusannya.

Putusan 20 tahun penjara tersebut sudah sesuai dengan tuntutan jaksa. Sedang vonis denda naik sebesar Rp400 juta dari tuntutan jaksa.

Seperti diketahui, jaksa menuntut terdakwa 20 tahun penjara serta denda Rp100 juta sebagaimana pasal 372 juncto pasal 55 ayat (1) ke 1 juncto pasal 64 ayat (1) ke 1 KUHP tentang penggelapan serta pasal 3 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang Jo. Pasal 55 ayat (1) ke 1 juncto pasal 64 ayat (1) ke 1 KUHP.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Hendra Wijaya