Logo Sulselsatu

Pemkot Makassar Didesak untuk Menambah RTH dan Daerah Resapan Air

Asrul
Asrul

Senin, 28 Januari 2019 17:09

Petugas Ruang Terbuka Hijau (RTH) membersihkan pohon tumbang di Jalan Saleh Daeng Tompo, Makassar, Selasa (22/1/2019).(Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)
Petugas Ruang Terbuka Hijau (RTH) membersihkan pohon tumbang di Jalan Saleh Daeng Tompo, Makassar, Selasa (22/1/2019).(Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, MAKASSARBanjir yang terjadi dibeberapa titik di Kota Makassar disebut Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sulsel sebagai salah satu kegagalan Pemkot Makassar dalam mengelola lingkungan.

Direktur Eksekutif Walhi Sulawesi Selatan, Muh. Al Amien mengatakan, ruang terbuka hijau (RTH) Kota Makassar yang hanya 7 persen yaitu berada di angka situasi darurat, sehingga banjir tidak lagi dapat terkendali.

“Situasi ini jelas akan semakin mengancam masyarakat Kota Makassar. Beberapa titik banjir terparah di Kota Makassar terjadi di Perumahan BTN Kodam 3 Makassar, Kelurahan Katimbang, dan Kecamatan Biringkanayya dengan genangan air setinggi leher orang dewasa,” ujar Amien kepada wartawan, Senin (28/1/2019).

Baca Juga : Sukseskan Capaian Vaksinasi 100 Persen, 82 Warga Lembo Vaksin di Recover Center

Amien menilai, Pemkot Makassar justru menghadirkan kebijakan penataan ruang ke pembangunan properti yang menghilangkan daerah resapan air. Bukannya melindungi daerah resapan dan menambah RTH.

Sponsored by MGID

Untuk itu, Pemkot Makassar diminta dalam konsisten mencegah terjadinya banjir dengan melakukan pembenahan lingkungan dan tata kelola perkotaan.

“Kami mendesak Pemkot Makassar agar lebih memperhatikan pentingnya menjaga keseimbangan dan keberlanjutan lingkungan hidup. Langkah yang dapat ditempuh adalah dengan melakukan pemulihan daerah resapan air, menambah RTH, memperbaik sistem drainase, dan meninjau ulang pembangunan yang berpotensi memperparah kondisi banjir Kota Makassar,” ucapnya.

Baca Juga : VIDEO: Diguyur Hujan Deras, Jayapura Dilanda Banjir Bandang

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Hendra Wijaya

 

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video20 Januari 2022 00:14
VIDEO: DPRD Sulsel Wacanakan Pembentukan Pansus Wakil Gubernur
SULSELSATU.com, MAKASSAR – DPRD Sulsel mewacanakan akan membentuk Panitia Khusus atau Pansus Wakil Gubernur Sulsel sisa masa jabatan 2018-2023. ...
OPD19 Januari 2022 23:01
Bertemu Mendikbudristek, Al Hidayat Minta Kuota Guru PPPK Ditambah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar Al Hidayat Syamsu bertemu dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim di Jakarta, Rabu (19/1/202...
Video19 Januari 2022 22:43
VIDEO: Momen Risma Hendak Bersimpuh ke DPR RI untuk Sampaikan Permohonan Maaf
SULSELSATU.com – Menteri Sosial, Tri Rismaharini menyampaikan permohonan maaf ke Komisi VIII DPR RI. Permohonan maaf itu dilakukan atas sikap ja...
Sponsored by MGID
Nasional19 Januari 2022 22:18
Jawab Tren Kebutuhan Masyarakat, Tahun 2022 Gojek Fokus pada Dua Hal Pengembangan
SULSELSATU.com, JAKARTA – Mewujudkan komitme terus menjadi andalan mobilitas masyarakat di tengah pandemi, Gojek melakukam berbagai inovasinya d...