Logo Sulselsatu

Kemensos Serahkan Santunan untuk Keluarga Korban Banjir dan Longsor di Gowa

Asrul
Asrul

Senin, 28 Januari 2019 23:29

Kemensos Serahkan Santunan untuk Keluarga Korban Banjir dan Longsor di Gowa

SULSELSATU.com, GOWA – Kementrian Sosial (Kemensos) melalui Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, Harry Hikmat menyerahkan bantuan kepada korban banjir dan tanah longsor senilai Rp546.908.450. Bantuan ini diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Gowa yang dalam hal ini diterima langsung oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Senin (28/1/2019) sore.

Bantuan tersebut berupa santunan kematian bagi korban banjir dan tanah longsor sebesar Rp 390.000.000 kepada 26 orang, setiap orangnya masing-masing mendapatkan Rp 15.000.000.

Selain itu juga diserahkan bantuan berupa logistik senilai kurang lebih Rp 44. 338.450, serta bantuan berupa perahu karet senilai Rp 112.570.000.

Baca Juga : Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, Bupati Gowa Tinjau Vaksinasi Pelajar

Di kesempatan ini, Harry menyampaikan duka yang mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan agar tetap tabah menghadapi cobaan dari Allah SWT. Semua cobaan yang datang dari-Nya merupakan peringatan kepada kita untuk bisa lebih instropeksi diri kedepan.

Sponsored by MGID

Pemerintah, kata dia, akan senantiasa memberikan perhatian kepada korban yang terkwna musibah.

“Olehnya itu, kehadiran kami disini mewakili Presiden RI Joko Widodo, dan juga langsung disampaikan kepada Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla untuk sesegera mungkin memberikan santunan kepada ahli waris agar dapat mengurangi beban dari keluarga yang ditinggalkan,” ujarnya.

Baca Juga : Adnan Minta PMI Kabupaten dan Kota Antisipasi Bencana

Tak hanya itu, Presiden berpesan betapa pentingnya bisa melakukan pencegahan sejak dini. Untuk itulah sehingga semua pihak diminta mereview kembali tentang bagaimana melakukan kesiap-siagaan bersama berbasis komunitas yang melibatkan semua elemen masyarakat termasuk juga pilar-pilar kesejahteraan sosial yakni PKH, Pelopor Kedamaian, Karang Taruna serta Komunitas Sosial

“Inilah yang menjadi perhatian untuk segera kita tindaklanjuti dan kami mohon untuk teman-teman lain agar bisa ikut aktif dalam melakukan upaya membuat lingkungan kita menjadi semakin kuat, karena jumlah korban hingga saat ini sangat besar sehingga menjadi cambuk buat kita,” kata Harry.

Dia juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Gowa untuk mengaktifkan kembali kampung siaga bencana dengan memberikan beberapa kawasan yang masuk daerah rawan bencana agar potenai bencana sedini mungkin dapat diantisipasi.

Baca Juga : Membanggakan, Seminar Hasil Doktoral Bupati Adnan Raih Nilai 91,86

Sementara, Kepala Dinas Sosial Sulsel, Ilham A Gazaling menyampaikan terima kasih atas perhatian dari Kemensos RI kepada Pemerintah Provinsi Sulsel terhadap musibah yang melanda di beberapa wilayah Sulsel.

“Pemberian santunan ini secara keseluruhan akan memberikan manfaat kepada ahli waris. Gubernur Sulsel juga sangat mengapresiasi dan menyampaiakan terima kasih kepada Bupati Gowa yang tak henti-hentinya memberikan informasi kepada kami tentang perkembangan yang ada di wilayah Gowa,” tuturnya.

Di waktu yang sama, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menjelaskan bahwa Kabupaten Gowa ini terdiri dari dua bagian yakni dataran rendah dan dataran tinggi.

Baca Juga : Membanggakan, Seminar Hasil Doktoral Bupati Adnan Raih Nilai 91,86

“Pada selasa minggu lalu Kabupaten Gowa mendapatkan musibah di dua bagian ini. Di dataran rendah kami mendapatkan bencana banjir dan dataran tinggi berupa tanah longsor,” katanya.

Sebagai orang Bugis Makassar, lanjutnya, mereka tidak hadir ketika dalam kesenangan, tapi filosofi orang Bugis Makassar mereka juga hadir ketika kita mengalami sebuah kedukaan.

“Kehadiran bapak Dirjen di tempat ini dan memberikan santunan pula kepada korban yang ditinggalkan adalah sebuah tanda bahwa Bapak telah menjalankan sebuah filosofinya orang Bugis Makassar dan itu dijawab langsung pada hari ini. Memang yang dibutuhkan bukan berapa banyak dan besar sebuah bantuan, tetapi yang dibutuhkan oleh Pemkab Gowa adalah hadirnya perhatian dari pemerintah pusat terhadap bencana yang adadi Kab Gowa,” ucap orang nomor satu di Gowa itu.

Baca Juga : Membanggakan, Seminar Hasil Doktoral Bupati Adnan Raih Nilai 91,86

Selain itu, Adnan uga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian dan bantuan dari Kemensos RI dan jajarannya semoga bencana ini jadi pertama dan terakhir di Kabupaten Gowa.

Editor: Awang Darmawan

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi04 Desember 2021 13:30
Astra Motor Apresiasi 300 Sales People Terbaik, Ada 32 dari Asmo Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Astra Motor menggelar Sales People Awards 2021 untuk memberikan apresiasi kepada sales people yang berhasil mencatat ...
Breaking News04 Desember 2021 12:57
Usai Viral, Siswi yang Lamar Pria di Pinrang Alami Gangguan Psikis Karena Sering di Bully
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Usai kisahnya viral karena melamar pria di Pinrang, siswi kelas III SMP di Kabupaten Pinrang, Sulsel sering jadi baha...
Ekonomi04 Desember 2021 11:37
Transaksi Agen BRILink Tembus Rp1.000 Triliun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Di tengah maraknya digitalisasi di sektor keuangan, peran AgenBRILink dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tet...
Sponsored by MGID
Lifestyle03 Desember 2021 22:46
Rajai Penjualan PT SJAM, Desain Keren dan Futuristik Jadi Pemikat Utama
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Selama tahun 2021 ini, Nmax jadi motor terlaris dalam penjualan PT Suracojaya Abadimotor (SJAM). Total, sudah ada 32....