Menakar Kekuatan IYL Menangkan Prabowo-Sandi di Sulsel

492
Ichsan Yasin Limpo, Ichsan YL, IYL, Pilgub Sulsel, Pemilihan Gubernur Sulsel, Pilkada Serentak, Pilkada Serentak 2018, Pilkada Sulsel, Sulsel, Gowa, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, Celebes Convention Center, PAN, Partai Amanat Nasional, PAN Sulsel, Doa Bersama, Dzikir Bersama, HUT IYL, Fotokopi KTP
IYL

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mantan calon gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo telah menyatakan kesiapan dan komitmennya untuk memenangkan pasangan capres cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno di Sulsel.

“Alasan saya sederhana. Saya ini adalah orang yang komitmen dan konsisten, sehingga jika ada pemimpin yang sudah cedera janji, dan tidak bisa membuktikan apa yang dijanjikan, menurut kecerdasan saya, bukan malah maju harusnya mundur. Itu karena semua yang dijanjikan tidak bisa dibuktikan,” ungkap IYL beberapa waktu lalu saat bertemu dengan Sandi di Makassar.

Lalu, dengan kekuatan dan kemampuan yang dimiliki mantan bupati Gowa dua periode itu, mampukah mengantarkan Prabowo-Sandi menjadi pemenang di Sulsel?

Pengamat politik Universitas Hasanuddin, Andi Lukman mengatakan, setidaknya Prabowo-Sandi akan mendapatkan tambahan kekuatan untuk memenangkan pertarungan khususnya di Sulsel.

“Dukungan Pak IYL dalam gerbong capres cawapres Prabowo-Sandi akan memberikan efek tambahan kekuatan dan dukungan politik yang kuat bagi Prabowo-Sandi di Sulsel,” kata Lukman, Selasa (29/1/2019).

Dosen Unhas itu menjelaskan bahwa, jaringan politik IYL di Sulsel sangat kuat, apalagi dia baru saja bertarung di Pilgub Sulsel meski kalah dari Nurdin Abdullah.

“Jejaring politik yang kuat dan elektoral effect yang dimiliki oleh Pak IYL akan menjadi kekuatan dan semakin menggembosi dukungan dan kekuatan yang sebelumnya dimiliki oleh Jokowi-Ma’ruf di Sulsel. Karena Pak IYL pastinya masih memiliki jejaring yang telah terawat semenjak pilgub di 24 kabupaten/kota di Sulsel,” katanya.

Namun, yang menarik kata Lukman, adalah rivalitas antara IYL dan Syahrul Yasin Limpo (SYL) karena keduanya, bersebrangan di pilpres.

“Bergabungnya Pak IYL di gerbong Prabowo-Sandi akan menjadi ujian dan sekaligus ajang pertarungan antara klan Yasin Limpo di Sulsel,” ujar dia.

“Bahwa Pak SYL yang selama ini telah banyak turun bergerak untuk mengkampanyekan petahana (Jokowi-Amin) sedikit banyaknya dukungan yang ada akan tergerus oleh loyalis pak IYL yang juga terkenal militan di 24 kabupaten/kota,” tutup Lukman.

Penulis: Asrul
Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Wali Kota Pantau UNBK SMP/MTs di Kota Palopo

SULSELSATU.com - Wali Kota Palopo Judas Amir melakukan kunjungan...

Sempat Tak Diunggulkan Survei, APT Kini Ancaman Cicu di DPRD Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Rekapitulasi suara hasil Pileg 2019 di...

RMS Ancam Pecat Kader NasDem yang Curang dalam Pileg

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ketua DPW Partai NasDem Sulsel, Rusdi...

Baca Juga