Perlengkapan E-KTP di Disdukcapil Maros Rusak Terendam Banjir, Pelayanan Lumpuh

Kondisi perlengkapan E-KTP Disddukcapil Maros yang terendam pasca banjir. (Ist).

SULSELSATU.com, MAROS – Sejumlah peralatan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Maros terendam banjir. Akibatnya, pelayanan di kantor ini lumpuh.

Kepala Bidang Perekaman Disdukcapil Maros, Afdhaly Ras mengatakan, ada dua alat perekaman E-KTP mobile yang rusak karena terendam banjir.

Selain perekaman E-KTP mobile yang rusak, peralatan lainnya seperti alat antrean dan sejumlah peralatan komputer lainnya juga rusak. Dia menaksir kerugian yang ditimbulkan hingga Rp300 juta.

“Saat ini teknisi dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) masih berusaha melakukan perbaikan,” kata Afdhaly, Selasa (29/1/2019).

Afdhaly menyebut, operasional pelayanan kantor Disdukcapil Maros baru akan normal kembali sekitar satu pekan ke depan.

“Pelayan baru akan beroperasi setelah semua peralatan yang rusak selesai diperbaiki. Perbaikannya mungkin akan memakan waktu sepekan,” pungkasnya.

Dari pantuan Sulselsatu.com, beberapa masyarakat masih ada yang datang melakukan perekaman dan pengurusan e-KTP dan kartu keluarga (KK) sebab tidak mengetahui jika pelayanan belum normal. Mereka pun terpaksa harus pulang karena tidak adanya pelayanan.

Penulis: Indra Sadli Pratama
Editor: Hendra Wijaya