Logo Sulselsatu

Pasca Vonis Bos Abu Tours, Bagaimana Nasib Aset Rp200 Miliar yang Disita?

Asrul
Asrul

Selasa, 29 Januari 2019 20:20

Pemilik Abu Tours Travel, Hamzah Mamba menjalani sidang vonis kasus penggelapan dan pencucian uang di Pengadilan Negeri Makassar, Jalan Kartini, Makassar, Senin (28/1/2019). (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)
Pemilik Abu Tours Travel, Hamzah Mamba menjalani sidang vonis kasus penggelapan dan pencucian uang di Pengadilan Negeri Makassar, Jalan Kartini, Makassar, Senin (28/1/2019). (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Keberadaan aset Abu Tours yang nilainya berkisar Rp200 miliar menjadi perhatian khusus pasca terdakwa Hamzah Mamba divonis hakim.

Meski putusan majelis hakim dalam sidang PKPU Abu Tours beberapa waktu lalu telah menunjuk kurator untuk menangani aset tersebut, namun hal itu tak lantas membuat sejumlah kalangan termasuk jemaah masih gamang.

Baca Juga : Jemaah Korban Abu Tours Berangkat Umrah Pakai Biaya Sendiri

Mereka bimbang apakah benar aset tersebut bakal dikembalikan ke jemaah selaku korban atau justru disita negara sebagaimana pernah terjadi dalam kasus First Travel.

Sponsored by MGID

Salah satu kurator aset Abu Tours, Susy Tan menjelaskan bahwa saat ini status aset Abu Tours maupun harta milik tervonis Hamzah Mamba masih dalam penguasaan tim Jaksa Penuntut Umum.

Aset tersebut, kata Susy, baik secara fisik maupun berkas masih berstatus sebagai barang bukti dalam kasus pidana yang menjerat empat petinggi Abu Tours selama ini.

Baca Juga : Lelang Aset Abu Tours Masih Terganjal Proses Hukum di MA

“Ya benar Hamzah Mamba sudah divonis. Tapi persidangan tiga terdakwa lainnya belum kan,” ujar Susy kepada sulselsatu, Selasa (29/1/2019) malam.

Penjelasan Susy memang demikian, tiga terdakwa kasus Abu Tours, Nursyariah Mansyur, M. Kasim Sunusi, serta Haeruddin M. Latang baru akan menjalani sidang tuntutan pada Rabu (30/1/2019) besok.

Namun tahapan ambil alih aset dari jaksa ke kurator sebenarnya tidak hanya sebatas menunggu sidang kasus pidana selesai.

Baca Juga : Korporasi Abu Tours Terlibat Penggelapan Dana Jemaah

“Kalau jaksa sih tidak ada masalah, selagi kasus pidana tuntas, aset akan diserahkan. Tapi kita juga menunggu putusan majelis hakim untuk pelimpahan aset-aset itu nantinya,” ujar dia.

Pernah diberitakan sebelumnya, Susy Tan sempat dihadirkan sebagai saksi dalam sidang kasus Abu Tours. Di persidangan, ia membeberkan kepada majelis hakim yang diketuai Denny Lumban Tobing soal kondisi perusahaan Abu Tours yang sudah pailit.

Saat itu, Susy juga membeberkan putusan majelis hakim dalam sidang perdata PKPU yang memerintahkan kurator agar mengambil alih aset yang disita sehingga bisa diatur pengembalian kerugian kreditur yang didominasi oleh para jemaah.

Baca Juga : Korporasi Abu Tours Terlibat Penggelapan Dana Jemaah

Namun seperti dikatakan ketua kurator aset Abu Tours, Tasman Gultom beberapa waktu lalu bahwa pihaknya menunda mengambil alih aset tersebut lantaran ingin menghormati kasus pidana yang sedang berjalan.

“Lagian, kita juga masih sibuk mencari aset Abu Tours yang belum sempat terlacak sama kepolisian,” ujarnya.

“Nah kalau ada jemaah, media, atau siapa saja yang tahu keberadaan aset Abu Tours, tolong dilaporkan kepada kami,” pungkasnya.

Baca Juga : Korporasi Abu Tours Terlibat Penggelapan Dana Jemaah

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Awang Darmawan

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video31 Juli 2021 00:46
VIDEO: Momen Kocak Ganjar Pranowo Dicuekin Mendagri Tito Saat Kuker di Jateng
SULSELSATU.com – Momen kocak saat kunjungan kerja (Kuker) Mendagri Tito Karnavian di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (29/7/2021). Dalam vid...
Video30 Juli 2021 23:10
VIDEO: Setelah Viral, Rafael Malalangi Akhirnya Dinyatakan Lulus Seleksi Calon Bintara Polri 2021
SULSELSATU.com – Kisah Rafael Malalangi viral di media sosial lantaran namanya menghilang dari pengumuman kedua Calon Bintara Polri 2021. Rafael...
Pendidikan30 Juli 2021 21:37
Temui Bupati Polman, Rektor UNM Pastikan Mahasiswa KKN UNM di Polman Tetap Lanjut
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Negeri Makassar di Polewali Mandar akhirnya tetap berlanjut. H...
Sponsored by MGID
Video30 Juli 2021 21:15
VIDEO: Jubir Satgas Covid-19 Jeneponto Nyaris Dikeroyok, Oknum Lurah Diduga Provokator
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Sebuah video menjadi viral Jubir Satgas Covid-19 Jeneponto, Suryaningrat, nyaris dikeroyok massa. Oknum lurah diduga...