Istri Bos Abu Tours Juga Dituntut 20 Tahun Penjara

Istri bos Abu Tours, Nursyariah Mansyur saat bersaksi di pengadilan, Rabu (16/1/2019). (Sulselsatu/Hermawan Mappiwali)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Istri bos Abu Tours, Nursyariah Mansyur dituntut 20 tahun penjara serta denda dalam sidang kasus Abu Tours di Pengadilan Negeri Makassar, Rabu (30/1/2019). Sebelumnya, sang suami Hamzah Mamba divonis 20 tahun penjara dan denda Rp500 juta dalam kasus ini. 

Sedang dua terdakwa lainnya, M. Kasim Sunusi serta Haeruddin M. Latang masing-masing dituntut 18 tahun dan 16 tahun penjara. 

“Kasim Sunusi 18 tahun, Nursyariah 20 tahun sama dengan Hamzah Mamba. Sedangkan Haeruddin 16 tahun. Dendanya (semua terdakwa) sama Rp100 juta,” ujar salah satu Jaksa, Nana Riana pasca pembacaan tuntutan. 

Ketiga terdakwa, dianggap oleh jaksa sama-sama melakukan tindak pidana penggelapan dan pencucian uang sebagaimana diatur dalam pasal 372 juncto pasal 55 ayat (1) ke 1 juncto pasal 64 ayat (1) ke 1 KUHP tentang penggelapan serta pasal 3 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang Jo. Pasal 55 ayat (1) ke 1 juncto pasal 64 ayat (1) ke 1 KUHP.

“Pada prinsipnya sama, karena baik dalam pengelolaannya, maupun dalam pemanfaatan dana jemaah yang masuk ke PT. Abu Tours itu mereka melakukannya bersama-sama,” ujar Nana. 

“Jadi kerja samanya demikian erat. Bahwa berbeda dari sisi kualitas perannya saja,” imbuhnya lagi. 

Terkait tuntutan jaksa tersebut, tim kuasa hukum ketiga terdakwa yang dihadiri oleh Eflin Rotua Sinaga meminta waktu dua minggu untuk menyediakan pledoi. 

Sehingga, sidang dengan agenda pembacaan vonis terhadap terdakwa dijadwalkan digelar pada 13 Februari 2019 mendatang. 

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Awang Darmawan