Logo Sulselsatu

Sekda Palopo Buka Workshop Perencanaan Pembangunan Partisipatif

Asrul
Asrul

Rabu, 30 Januari 2019 07:35

Sekda Palopo Buka Workshop Perencanaan Pembangunan Partisipatif

SULSELSATU.com – Sekretaris Daerah Kota Palopo, Jamaluddin membuka secara resmi Workshop Perencanaan Integratif Berbasis Partisipatif di aula kantor Camat Bara, Selasa (29/1/2019).

“Hal ini merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kita semua, menyusun master plan pelaksanaan pembangunan partisipatif. Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Camat (Bara) dan jajarannya, Lurah dan seluruh masyarakat kecamatan Bara atas prakarsanya. Ini mungkin yang pertama dilakukan di wilayah pemerintah kota Palopo,” ungkap Jamaluddin mewakili Wali Kota Palopo Judas Amir membuka kegiatan.

Jamaluddin mengatakan pembangunan kadang ada yang tidak berjalan baik dan ditentang oleh masyarakat, dan ada pembangunan yang berlangsung tidak sesuai sesuai kebutuhan masyarakat.

Baca Juga : Pemkot Palopo Sudah Tuntaskan Iuran BPJS Kesehatan Penerima Bantuan

“Semua itu karena kita tidak melakukan perencanaan pembangunan partisipatif, partisipasi dari masyarakat,” jelas Jamaluddin.

Sponsored by MGID

“Perencanaannya tidak hanya disusun berdasarkan skala prioritas, tapi juga berdasarkan kebutuhan masyarakat, bukan keinginan. Tolong bedakan antara kebutuhan dan keinginan,” lanjutnya.

Dia mengimbau para aparat, baik aparat kelurahan, aparat RW dan RT agar memahami tugas pokok dan fungsinya.

Baca Juga : Pemkot Palopo Raih Penghargaan sebagai Kota Sehat

Menurutnya jika ada yang tidak jalan tugasnya, kemungkinan besar karena dia tidak paham tupoksinya.

“Jika aparat tidak memahami tugas pokok dan fungsi, mulai dari tingkat bawah sampai Bupati/Walikota pasti pemerintahan tidak bisa berjalan dengan baik,” ungkap Sekda dihadapan para lurah, RT dan RW serta LPMK se- kecamatan Bara yang menjadi peserta workshop.

Sebelumnya, Camat Bara, Irwanto Napeng, dalam laporan pelaksanaan kegiatannya mengatakan Workshop dalam rangka Perencanaan Integratif Berbasis Partisipatif di kecamatan bara adalah kegiatan dalam bentuk mengimplementasikan semua permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat, sehingga akan memunculkan sebuah kesimpulan, master plan perencanaan pembangunan partisipatif masyarakat di kecamatan Bara.

Baca Juga : Bappeda Palopo Imbau OPD Setor Laporan Keuangan Tepat Waktu

Irwanto berharap agar para Lurah, RW dan RT memberikan informasi yang real, memberikan informasi yang benar-benar ada di wilayahnya masing-masing.

“Data-data yang terkumpul secara akurat itu pada akhirnya nanti akan menjadi acuan kita (jangka panjang). Untuk melaksanakan musrenbang ke depan, ada salah satu buku pedoman kita. sehingga tidak ada lagi kesalahan dalam pembangunan infrastruktur maupun pembangunan sosial yang ada di kecamatan Bara,” ungkap Irwanto.

“Kita berharap, ini menjadi salah satu pilot project di kota palopo, yang muncul dari Kecamatan Bara,” lanjutnya. (*)

Baca Juga : Bappeda Palopo Imbau OPD Setor Laporan Keuangan Tepat Waktu

Editor: Azis Kuba

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video20 Januari 2022 00:14
VIDEO: DPRD Sulsel Wacanakan Pembentukan Pansus Wakil Gubernur
SULSELSATU.com, MAKASSAR – DPRD Sulsel mewacanakan akan membentuk Panitia Khusus atau Pansus Wakil Gubernur Sulsel sisa masa jabatan 2018-2023. ...
OPD19 Januari 2022 23:01
Bertemu Mendikbudristek, Al Hidayat Minta Kuota Guru PPPK Ditambah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar Al Hidayat Syamsu bertemu dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim di Jakarta, Rabu (19/1/202...
Video19 Januari 2022 22:43
VIDEO: Momen Risma Hendak Bersimpuh ke DPR RI untuk Sampaikan Permohonan Maaf
SULSELSATU.com – Menteri Sosial, Tri Rismaharini menyampaikan permohonan maaf ke Komisi VIII DPR RI. Permohonan maaf itu dilakukan atas sikap ja...
Sponsored by MGID
Nasional19 Januari 2022 22:18
Jawab Tren Kebutuhan Masyarakat, Tahun 2022 Gojek Fokus pada Dua Hal Pengembangan
SULSELSATU.com, JAKARTA – Mewujudkan komitme terus menjadi andalan mobilitas masyarakat di tengah pandemi, Gojek melakukam berbagai inovasinya d...