Pengguna Data Internet Butuh Kualitas, Bukan Iming-iming Unlimited

18
Ilustrasi. (INT)

SULSELSATU.com – Tidak sedikit pengguna internet tergiur dengan iming-iming internet tanpa batas (Unlimited) yang dijajakan para penyedia layanan selular. Namun jika tidak teliti, pengguna bisa saja terjebak kata unlimited yang ternyata hanya gimmick.

Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2017, lebih dari seperempat (26,48 persen) warga di tanah air mampu menghabiskan waktu lebih dari 7 jam di dunia maya. Temuan ini membuktikan mayoritas dari 143,26 juta pengguna internet di Indonesia, tidak bisa melepaskan diri dari dunia maya.

Menurut pengamat telekomunikasi dari Indotelko Forum, Doni Ismanto Darwin, penggunaan istilah Unlimited di era 4G saat ini dirasa tak mengedukasi. Di era sekarang yang dituntut pengguna adalah transparansi harga dan kualitas layanan yang stabil. Sedangkan penerapan Fair Usage Policy (FUP) sejauh ini dianggap tidak adil.

“Selama ini penerapan FUP dirasakan tak adil oleh pengguna karena transparansi pemakaiaan tak ada. Pengguna pernah tak pernah disajikan transparansi data oleh operator,” kata Doni dalam keterangan resminya.

Idealnya, kata Doni, operator seluler bermain di kualitas layanan.

“Pelanggan rela bayar agak mahal dari sekarang asalkan sinyal stabil dan tanpa buffering kala akses data,” katanya.

Doni memberi contoh dua operator yang menggunakan gimmick Unlimited. Contoh pertama, cukup getol menyematkan kata Unlimited dalam setiap penawaran paketnya. Namun lagi-lagi sayang, Unlimited yang dimaksud bukanlah tanpa batas, melainkan dibatasi kuotanya. Hanya saja tidak diperlihatkan secara transparan berapa kuota yang boleh dihabiskan.

Beda lagi dengan operator satu lagi menawarkan paket Unlimited, terlihat lebih transparan. Diluncurkan pada pertengahan tahun lalu ini bisa dipakai di semua aplikasi dan menganut transparansi, bisa internetan sesukanya dengan aplikasi apa saja di semua hape 4G apapun dan waktu penggunaan paket pun tak dibatasi, alias bisa dipakai 24 jam.

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Ini Empat OPD yang Jadi Lokus Kunjungan Benchmarking Diklatpim Asal Selayar

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sebanyak 40 peserta pendidikan kilat pimpinan...

Luncurkan Gerakan ANTIK, Manajemen Hotel Aston Bersihkan Pantai Losari

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Jelang ulang tahun yang ke-7, Aston...

Taufan Ajak Peserta Diklatpim Asal Selayar Tanamkan Jiwa Integritas

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe...

Baca Juga