Cegah DBD, Pemkot Makassar Galakkan Fogging

26

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar mulai menggalakkan fogging atau pengasapan guna mencegah penyebaran wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Tindakan fogging ini akan dilakukan secara merata di 14 kecamatan di Makassar. Kecamatan pertama yang mendapatkan fogging adalah Kecamatan Mariso yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Senin, (4/2/2019).

“Mulai hari ini seluruh jajaran Kota Makassar melalui 14 kecamatan akan melakukan fogging di seluruh wilayah Kota Makassar. Mariso menjadi kecamatan pertama yang dimana saya turun langsung membantu petugas fogging,” ucapnya di dampingi Camat Mariso, Juliaman.

Danny, sapaannya, menilai langkah awal tersebut untuk dilakukan guna menekan perkembang biakan jentik nyamuk di setiap sudut kota Makassar.

Meski begitu, sejauh ini Kota Makassar belum memasuki zona kejadian luar biasa pada korban DBD. 

“Kota masih berada di zona aman dibandingkan awal tahun 2018 lalu. Untuk itu antisipasi ini sangat berguna dilakukan untuk menjaga masyarakat dari penyakit mematikan itu,” katanya.

Danny berharap usaha yang dilakukannya itu bisa mengajak dan mengedukasi masyarakat agar lebih menjaga kebersihan. Utamanya pada sumber air atau penampungan airnya.

Dia juga mengimbau jika ada warga yang membutuhkan obat pembasmi jentik nyamuk atau biasa disebut Abate atau melakukan fogging bisa langsung menghubungi lurah atau camat setempat.

Kalau pun masyarakat ingin langsung menelpon layanan darurat Kota Makassar yaitu 112 itu juga dibolehkan.

“Gratis untuk semua jenis operator. Biar pun telepon anda dalam keadaan terkunci. Bisa melalui panggilan darurat, tinggal tekan 112 saja,” pungkas Danny.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Masa Tenang, SYL Ziarah di TMP Panaikang

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Mantan gubernur Sulsel dua periode Syahrul...

Wakapolda Sulsel Pantau Kesiapan Pemilu di Jeneponto, Ini Kata Kapolres

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Wakil Kepala Polda Sulsel, Brigjen Pol...

NA Ajak Stakeholder Tuntaskan Proyek KA Urban Makassar dan Regional Sulsel

SULSELSATU.com - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (NA) mengajak seluruh...

Baca Juga