Januari 2019, Inflasi Parepare Tertinggi di Sulsel

15

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kota Parepare mengalami inflasi tertinggi di Sulsel pada Januari 2019. Inflasi di daerah ini mencapai 1,14 persen.

Setelah Parepare, inflasi tertinggi kedua yaitu Bulukumba 0,90 persen, diikuti Makassar 0,54 persen, Watampone sebesar 0,09, dan Palopo sebesar 0,04 persen. 

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Sulsel, Akmal mengatakan dari lima kota IHK ini, tingkat inflasi Sulsel di Januari 2019 sebesar 0,53 persen, dengan IHK sebesar 136,61. 

“Inflasi yang terjadi ini didorong karena naiknya harga pada enam kelompok pengeluaran. Kelompok pengeluaran yang mengalami kenaikan harga tertinggi yaitu kelompok bahan makanan 1,80 persen, diikuti kelompok sandang 0,23 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0,20 persen,” jelas Akmal, Selasa, (5/2/2019). 

Selanjutnya, adalah kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar 0,19 persen, kelompok kesehatan 0,11 persen, terakhir adalah kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,10. 

Akmal juga menyebutkan, ada satu kelompok yang mengalami penurunan harga yaitu kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan mengalami sebesar 0,04 persen. Pada kelompok ini, transportasi mengalami penurunan tertinggi yaitu 0,07 persen. 

“Sementara untuk laju inflasi secara tahunan atau year on year (yoy) sebesar 3,22 persen. Komoditas yang memberikan andil atau sumbangan tertinggi terhadap inflasi Sulsel Januari 2019 antara lain tomat buah, tomat sayur, kangkung, bayam, ikan cakalang, beras, ikan teri, pepaya, ikan layang, dan bawang merah,” beber Akmal. 

Sedangkan komoditas yang mengalami penurunan harga yaitu daging ayam ras, cabe merah, cabe rawit, bensin, bawang putih, ikan bandeng, minuman ringan, daging sapi, jeruk dan sabun detergen bubuk.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga