Kejati Sulsel Hentikan Sementara Kasus Korupsi Bila Terkait Pemilu 2019

24
Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel, Tarmizi (Sulselsatu/Hermawan Mappiwali)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pihak Kejaksaan Tinggi Sulsel bakal menghentikan sementara penyidikan kasus korupsi bila bersinggunggan langsung dengan pemilihan legislatif hingga Pemilihan Presiden pada April 2019 mendatang.

“Kita lihat kasusitiknya. Tentunya kalau ada penanganan perkara yang bersinggungan dengan Pileg dan Pilpres tentunya kita harus menunggu selesai,” ujar Kepala Kejati Sulsel, Tarmizi, Selasa (5/2/2019).

Tarmizi menerangkan langkah penghentian tersebut merupakan perintah langsung dari pimpinan Kejaksaan Agung RI.

Salah satu hal yang menjadi alasan adalah untuk menghindari anggapan penyidikan kasus yang seringkali diduga bermuatan politik.

“Tapi kalau tidak bersinggungan tetap kami lanjut,” imbuh Tarmizi.

Mantan Kajati Aceh itupun menegaskan bahwa pihaknya menjamin netralitas aparat Kejaksaan Tinggi Sulsel pada pemilu mendatang. Terutama lantaran saat ini Kejaksaan juga tergabung dalam Gakkumdu yang siap menindak perkara-perkara kecurangan pada pemilu 2019.

“Kami telah berkomitmen bahwa kami akan menyukseskan pilpres yang akan diselenggarakan 17 April. Dalam posisi kejaksaan kita netral. Tentunya dalam penanganan perkara-perkara di gakkumdu kita netral,” tutupnya.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Baca Juga