KPK Kantongi Bukti Penganiayaan Dua Pegawainya

12
Febri Diansyah

SULSELSATU.com, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut pihaknya telah mengantongi alat bukti yang cukup untuk membuktikan kasus penganiayaan terhadap dua pegawainya di Hotel Borobudur akhir pekan lalu.

Penganiayaan tersebut diduga dilakukan saat dua penyidik KPK itu menyelidiki kasus dalam rapat yang digelar Pemprov Papua di hotel tersebut.

“Terkait dengan hasil visum yang telah dilakukan, nanti tentu akan menjadi bagian dari pembuktian adanya penganiayaan terhadap pegawai KPK,” ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah seperti dilansir detikcom, Selasa (5/2/2019). 

Selain visum, rekam medis termasuk operasi terhadap seorang penyelidik ditegaskan Febri menjadi fakta yang menguatkan peristiwa penganiayaan di Hotel Borobudur, pada Sabtu (2/2) tengah malam.

“Bukti-bukti seperti ini kami yakini akan berbicara dengan sendirinya tentang kondisi yang bersangkutan. Untuk pertanyaan siapa yang melakukan penganiayaan, tentu akan lebih baik jika kita mempercayakan hal tersebut pada tim Polri yang sudah mulai bekerja,” paparnya. 

Febri menyebut KPK mendapat informasi dari Polri soal penyelidikan yang dimulai sejak 4 Februari. Penyelidikan terkait perkara pengeroyokan terhadap petugas yang sedang bertugas sebagaimana diatur ancaman pidananya pada Pasal 170 dan/atau Pasal 211 dan/atau Pasal 212 KUHP. 

“KPK memastikan akan memberikan dukungan penuh, termasuk pendampingan hukum terhadap pegawai KPK yang diserang saat menjalankan tugasnya. Karena yang bersangkutan melakukan beberapa kegiatan berdasarkan penugasan resmi KPK,” tegas Febri. 

Sebelumnya, Pemprov Papua membantah ada penganiayaan terhadap 2 penyelidik KPK. Pemprov Papua justru menyebut KPK hendak melakukan operasi tangkap tangan (OTT).

“Bahwa bersamaan dengan pelaksanaan agenda pertemuan tersebut, ternyata KPK telah menempatkan beberapa pegawai KPK untuk melakukan kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT) dengan dugaan akan ada tindakan penyuapan pada pertemuan dimaksud,” kata Kabag Protokol Biro Humas dan Protokol Pemprov Papua, Gilbert Yakwar, lewat keterangan tertulis, Senin (4/2/2019)

Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Kantongi C1 68 Persen, Iqbal Parewangi Optimistis Terpilih Kembali

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon anggota DPD RI Dapil Sulsel,...

Sambut Ramadan, Pemkot Parepare Siapkan Reward Umrah Bagi Dai

SULSELSATU.com, PAREPARE - Menyambut bulan suci Ramadan 1440 Hijriyah,...

Begini Cara Dapat Kursi Roda Gratis di Dinsos Parepare

SULSELSATU.com, PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas...

Baca Juga