Korupsi Gedung PWI, Zugito Diancam Penjara 20 Tahun

22
Zulkifli Gani Ottoh alias Zugito tersangka kasus korupsi komersialisasi gedung PWI Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Berkas perkara korupsi gedung PWI Sulsel telah dilimpahkan oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) ke Pengadilan Negeri Makassar pada Senin, 4 Februari 2019 lalu.

Pelimpahan itu langsung dilakukan seusai JPU menuntaskan berkas rencana dakwaan (rendak) dalam waktu 11 hari pasca Kejati Sulsel menerima tahap dua dari Polda Sulsel.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Makassar, Andi Helmi menerangkan bahwa dalam rendak jaksa, tersangka, Zulkifli Gani Ottoh alias Zugito bakal didakwa pasal 2 dan pasal 3 dalam UU No. 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi.

“Dalam rendak, kita bakal kenakan pasal 2 dan pasal 3 Undang-undang Tipikor,” ujar Helmi saat dikonfirmasi sulselsatu, Rabu (6/2/2019).

Seperti diketahui, pasal 2 ayat (1) UU Tipikor menyebutkan setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara dipidana dengan pidana penjara minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun dan denda paling sedikit Rp200 juta dan paling banyak Rp1 miliar.

Lebih lanjut, Pasal 3 menyebutkan setiap orang yang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau karena kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara dipidana seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 20 tahun dan atau denda paling sedikit 50 juta rupiah dan maksimal 1 miliar.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga