AKKOPSI Bahas Pengelolaan Air Limbah Domestik di Makassar

50
Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto. (Sulselsatu/Ashrawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) bekerjasama dengan Unicef dan World bank bakal menyelenggarakan kegiatan Advocacy and Horyzontal Learning (AHL).

Kegiatan yang mengangkat tema “Menuju ODF Provinsi dan Pengelolaan Air Limbah Domestik yang aman” ini rencananya akan digelar pada tanggal 12-13 Februari 2019 mendatang di Hotel the Rinra Makassar.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro juga dijadwalkan akan hadir sebagai narasumber untuk memberikan pesan kunci tentang strategi Indonesia menuju SDG target 6.2 dan 6.3.

Tak ketinggalan, pihak Kementerian Kesehatan (Direktur Kesehatan Lingkungan dan Promosi Kesehatan), Kementerian PUPR, Unicef, World Bank, hingga Wali Kota, Bupati, Kepala Bappeda, Kadis PU, Kadis Kesehatan di seluruh Indonesia juga dijadwalkan hadir dalam agenda tersebut.

“Tujuannya membangun momentum dan memperkuat komitmen politis untuk mencapai target nasional dan daerah terkait pembangunan berkelanjutan yang terdiri dari pengurangan buang air besar sembarangan dan pengelolaan limbah domestik yang aman,” ucap Ketua Umum AKKOPSI sekaligus Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Sabtu, (2/2/19).

Tak hanya itu, Danny, sapaanya, juga akan menyusun rencana lanjut untuk mencapai 100 persen ODF dan pengelolaan sanitasi yang aman. Maka dari itu, selaku tuan rumah, Danny ingin Makassar menjadi contoh bagi daerah lain.

“Kita mau tuntaskan sanitasi. Makassar harus jadi contoh,” pungkasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga