Mensos Serahkan Bantuan PKH dan BPNT kepada Warga Makassar

39
Mensos RI Agus Gumiwang Kartasasmita di gedung CCC, Rabu, (6/2/2019). (Sulselsatu/Asrhawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita menyerahkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) secara simbolis kepada 1000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Makassar.

Penyerahan ini dilaksanakan di gedung Celebes Convention Center (CCC), Rabu (6/2/2019).

KPM penerima PKH dan BPNT tersebut berasal dari 4 kecamatan yaitu Kecamatan Mariso, Kecamatan Mamajang, Kecamatan Ujung Pandang, dan Kecamatan Wajo. Selain itu, hadir pula KPM PKH graduasi mandiri sebanyak 2 orang dan 3 orang anak PKH berprestasi di bidang pendidikan dan seni.

Masyarakat yang hadir tampak begitu antusias. Selain itu, hadir pula Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, serta para pendamping sosial, mulai dari pendamping PKH, Kelompok Usaha Bersama (KUBE), dan Tim Tanggap Bencana (Tagana).

Dalam kesempatan tersebut, deretan produk-produk dari KUBE PKH juga dipamerkan. Seperti, olahan keripik, abon, hingga kerajinan tangan yang memanfaatkan plastik bekas minuman gelas.

Agus dalam arahannya menyampaikan bahwa program PKH dan BPNT memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap penurunan angka kemiskinan di Indonesia dari 9,82 persen turun menjadi 9,66 persen. Hal ini berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis pada pertengahan Januari lalu.

“Secara sederhana, penurunan angka tersebut berarti bahwa di masa pemerintahan Jokowi jumlah penduduk miskin di Indonesia dari tahun ke tahun terus menurun,” kata Agus.

Di Sulawesi Selatan, tercatat ada 298 ribu KPM PKH dan 451 ribu BPNT dengan total bansos sekitar Rp458 miliar.

Adapun bansos PKH dan BPNT tahap I tahun 2019 yang disalurkan untuk Provinsi Sulawesi Selatan senilai Rp458 miliar, sedangkan untuk Kota Makassar Rp34 miliar yang terdiri dari bansos PKH senilai Rp30 miliar dan bansos BPNT senilai Rp 3,7 miliar.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga