iklan Kareba Parlementa

Jokowi Dilaporkan ke Bawaslu Terkait Propaganda Rusia

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, JAKARTA – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) oleh Advokat Peduli Pemilu, Rabu (6/2/2019). Capres petahana itu dilaporkan terkait pernyataannya soal adanya salah satu pasangan calon presiden yang melancarkan ‘propaganda Rusia’.

Jokowi dilaporkan atas dugaan menghina kandidat lain dan melakukan adu domba di masyarakat.

“Kami duga berpotensi mengganggu ketertiban umum di mana kontennya yang bersifat hasutan, bahkan ujaran kebencian. Yang di mana sama-sama kita ketahui ketika di Surabaya itu Pak Jokowi mengeluarkan statement ada salah satu tim sukses yang menggunakan propaganda Rusia dalam pelaksanaan pemilu ini,” kata anggota Advokat Peduli Pemilu sekaligus pelapor Mohamad Taufiqurrahman di Kantor Bawaslu, Jakarta, seperti dilansir CNNIndonesia.

Dalam kesempatan itu, Taufiqurrahman juga melaporkan tiga tim sukses Jokowi yaitu Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Ace Hasan Syadzily, dan juga sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani. Mereka juga diseret dalam kasus ‘propaganda Rusia’.

Dalam laporannya, Taufiqurrahman membawa tangkapan layar berita media online dan rekaman video pernyataan Jokowi soal ‘propaganda Rusia’ sebagai barang bukti.

Jokowi dan kawan-kawan diduga melanggar Pasal 280 huruf c dan d juncto Pasal 521 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu. Ancaman hukuman maksimal 2 tahun penjara dan ancaman denda Rp24 juta.

“Proses ini harus diklarifikasi secara cepat, kami mengharapkan Bawaslu juga sangat independen dan tidak memandang siapa yang kami laporkan,” kata dia.

Polemik ‘propaganda Rusia’ ala Jokowi bermula saat capres petahana itu sempat menyindir ada tim sukses kandidat Pilpres 2019 yang menyewa konsultan asing. Tim sukses itu, kata dia, menggunakan teori propaganda Rusia.

Pernyataan Jokowi dilontarkan saat bertemu relawan di Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (3/2). Pernyataan itu merespons tudingan Jokowi sebagai antek asing.

Jokowi tidak merinci siapa pihak yang dimaksud. Dia hanya mengatakan bahwa konsultan asing itu menggunakan propaganda ala Rusia di Pilpres 2019.

Propaganda Rusia itu sendiri, menurut Jokowi, yakni menyebarkan kebohongan sehingga membuat masyarakat menjadi ragu. Jokowi menyebut propaganda tersebut juga berpotensi memecah belah masyarakat.

“Enggak mikir ini memecah belah rakyat atau tidak, enggak mikir mengganggu ketenangan rakyat atau tidak, ini membuat rakyat khawatir atau tidak, membuat rakyat takut, enggak peduli,” kata Jokowi saat itu.

Pidato ‘propaganda Rusia’ itu pun menuai protes, salah satunya dari Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia. Mereka menegaskan Rusia tidak dalam posisi mencampuri politik dalam negeri Indonesia.

“Istilah ini sama sekali tidak berdasarkan pada realitas,” cuit Kedubes Rusia untuk Indonesia melalui akun Twitter resmi mereka, Senin (4/2/2019).

Editor: Awang Darmawan

Iklan PDAM
...

Populer

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

Rachmad Gobel Tinjau Ambulans NasDem Makassar yang Dibakar, Bakal Diganti 20 Unit

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wakil Ketua DPR RI dari Partai NasDem Rachmad Gobel meninjau langsung Kantor DPD NasDem Makassar dan ambulans yang dibakar sejumlah oknum...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

VIDEO: Istri dan Mertua di Makassar Jadi Korban Pembacokan

SULSELSATU.com - Satu keluarga di Jalan Barawaja, Kecamatan Panakukkang, Makassar dibacok pada Jumat (23/10). Dalam keterangan video, ada tiga korban dalam pembacokan tersebut yang merupakan...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

OPINI: Tulisan Arif Saleh Tentang Hari Sumpah Pemuda

SULSELSATU.com, WAJO - Banyak cara dilakukan memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober. Salah satunya, memaknai lewat catatan atau tulisan. Seperti...

Inilah 6 Peran Ayah yang Ideal untuk Keluarga Ayah

 SULSELSATU.com - Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran...

VIDEO: Presiden Jokowi Beri Klarifikasi UU Cipta Kerja

  SULSELSATU.com - Presiden Joko Widodo beri tanggapan terkait Omnibus Law UU...

Artikel Lainnya

Dua Dosen FKIP Unismuh Jadi Pemakalah di Belanda dan Italia

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah...

Ngabalin Seret Gempa ke Ranah Politik, Gubernur Sulteng Marah Besar

SULSELSATU.com, PALU - Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola murka usai Tenaga...

Bangun Crisis Center, Pemprov Sulsel Siapkan Dana Rp5 Miliar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemprov Sulsel berencana membangun markas terpadu tanggap bencana...

Jelang Pelantikan, PRIMA DMI Silaturahim ke Kemenag Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Jelang pelantikan, pengurus Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) Dewan...

Maju di Pilkada Pangkep, Rahman Assegaf lncar Partai ‘Kecil’

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Abdul Rahman Assegaf memantapkan diri untuk kembali maju...

Terkini

VIDEO: Dua Bocah Tiup Kondom, Dibohongi Pria yang Sebut itu Balon

SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan beberapa bocah yang sedang tiup kondom...

DP Ingatkan Jangan Salah Memilih Pemimpin

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Danny Pomanto menutup safari politiknya di Kecamatan Mamajang...

Fatma: Kita Sudah Rasakan Bukti Kepemimpinan Danny, Mari Lanjutkan Kebaikan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon wakil wali kota Makassar, Fatmawati Rusdi tetap...

Pimpin Golkar Sulsel, Taufan Pawe Sanjung Peran Pangerang Rahim

SULSELSATU.com, PAREPARE - Ketua DPD I Golkar Sulsel, Taufan Pawe melontarkan...

Kepala BKKBN Optimis Kinerja BKKBN Sulsel Capai Target Tahun 2020

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN),...