Anak Bebas Beraspirasi Tanpa Intervensi Melalui Musrembang

11
Musrenbang Anak di Kota Parepare. (ist)

SULSELSATU.com, PAREPARE – Pemkot Parepare mesti mendapat apresiasi atas pelibatan anak bebas beraspirasi melalui musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) anak.

Penilaian ini disampaikan aktivis pemerhati perempuan dan anak sekaligus pendamping Forum Anak Parepare, Nilawati A Ridha.

“Ini tahun ketiga Musrembang anak digelar, dan terus menunjukkan hasil yang baik. Baik dari segi partisipasi, fasilitas, tempat, dukungan pemerintah dan stakeholder,” ujar Nilawati.

Dia mengatakan, Musrenbang anak jangan sekadar simbolis atau menjadi ikon, tapi harus terimplementasi dengan baik.

“Musrenbang anak ini menjadi ruang bagi anak untuk beraspirasi, tanpa intervensi dari orang tua atau pihak manapun. Apa yang diinginkan seorang anak, dapat disampaikan dalam forum Musrenbang tersebut,” katanya.

Nilawati menyarankan, agar sekolah ramah anak dapat menjadi perhatian, mengingat Parepare menuju kota layak anak.

Kasubid SDM Bappeda Parepare, Syarifullah mengatakan, Musrenbang anak tingkat kecamatan rencananya digelar dua hari, 19-20 Februari 2019.

“Rencananya kita akan menggunakan tempat yang bisa digunakan untuk kegiatan outdoor, seperti Hotel Bukit Kenari,” ujar Ulla.

Peserta Musrenbang Anak adalah perwakilan dari setiap sekolah di Parepare, dibagi per kecamatan.

“Karena dua hari Musrenbang Anak, jadi dalam satu hari pesertanya dari dua kecamatan. Nanti ada kuota perwakilan dari setiap sekolah,” tutup Ulla.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya

 

 

Rekomendasi Berita

Baca Juga