Dana KUR Peternakan Rakyat di Sinjai Dilaunching 9 Februari

SULSELSATU.com, SINJAI – Kabupaten Sinjai terpilih untuk mewakili Sulawesi Selatan sebagai wilayah jabupaten/kota yang akan mendapatkan kucuran dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) Peternakan Rakyat yang akan di launcing oleh Presiden RI, Joko Widodo pada 9 Fenruari 2019.

Program KUR Peternakan Rakyat ini merupakan program pemerintah pusat yang menggandeng pihak perbankan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI), yang mana bantuan ini hanya di kucurkan di lima kabupaten di Indonesia. Yakni, Kabupaten Malang, Garut, Lampung Tengah, Magelang, Sumba Timur, dan Kabupaten Sinjai. 

Dalam rangka persiapan pengucuran bantuan tersebut, pihak Bank Rakyat Idonesia (BRI) Cabang Sinjai menggelar rappat kordinasi persiapan penyaluran KUR Peternakan Rakyat bersama pihak terkait pada Senin (4/2/2019) lalu.

Kadis Peternakan Sinjai, Aminuddin Zainuddin mengatakan, KUR Peternakan Rakyat ini adalah sebelumnya bernama Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKPE) tepatnya pada tahun 2017 lalu. KUR merupakan kredit individu peternak bukan kelompok.

“Adapun syarat pinjamannya, misalnya jika pinjamannya hanya sampai Rp25 juta per orang, maka tidak perlu ada anggunan atau jaminan. Kecuali jika pinjamannya berjumlah di atas Rp25 juta baru ada anggunan sesuai persyaratan bank. Pemerintah melihat bahwa KUR ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya para peternak maka akan lebih digenjot.

Aminuddin menjelaskan, bahwa penyerahan KUR ini akan dilaksanakan secara serentak di 6 wilayah kabupaten/kota di Indonedia pada 9 Februari 2019, yakni di Kabupaten Malang, Garut, Magelang, Lampung Tengah, Sinjai, dan Sumba Timur.

“Presiden Joko Widodo akan hadir di Kabupaten Malang, tepatnya di Pujon, untuk melakukan launcing penyerahan, sedangkan di daerah lainnya pada hari yang sama juga akan melakukan penyerahan KUR secara simbolis di daerah masing-masing dan presiden akan melakukan video conference dengan 6 kabupaten penerima bantuan KUR tersebut,” ujarnya.

“Kabupaten Sinjai terpilih mewakili Provinsi Sulawesi Selatan berdasarkan keputusan Kemenko Perekonomian, dengan pertimbangan mungkin melihat keberhasilan pembangunan peternakan di Sinjai,” katanya.

Aminuddin menambahkan, bahwa untuk di Kabupaten Sinjai akan menerima kurang lebih 150 orang penerima KUR, yang akan diserahkan secara simbolis dan akan dihadiri Kepala Biro Umum Kemenko Perekonomian.

“Mengenai teknis KUR, berapa jumlah yang tersalurkan, itu bisa dikomfirmsi ke pihak BRI Cabang Sinjai,” pungkasnya.

Penulis: Andi Irfan Arjuna
Editor: Hendra Wijaya