Dinas SDA Sulsel Siapkan Rp9 Miliar untuk Bangun Bendungan di Bone dan Jeneponto

40

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Sumber Daya Air Cipta Karya dan Tata Ruang (SDACKTR) Sulsel akan membangun dua bendungan yang terletak di Kabupaten Bone dan Jeneponto.

Kepala Dinas SDACKTR, Andi Darmawan Bintang mengungkapkan, pembangunan dua bendung ini dilakukan setelah adanya kunjungan serta hasil diskusi bersama terkait dengan kebutuhan petani di sana. 

“Seperti Bendungan Bontocanai di Bone setelah adanya kunjungan di beberapa daerah dari Pak Wagub dan diskusi dengan pemkab setempat sehingga disepekati bahwa perlu dibangun tampungan air skala kecil untuk melayani kebutuhan petani, intinya lebih pada perluasan air untuk irigasi,” kata Darmawan, Rabu (6/2/2019) kemarin.

Dia mengatakan, anggaran yang disiapkan untuk membangun bendungan di Bontocani dan Gunung Silau sebesar Rp9 miliar. Rp3 miliar untuk Bontocani dan Rp6 miliar untuk Gunung Silau.

Nantinya, lanjut Darmawan disamping bendung nanti akan dibangun penampun air semacam waduk kecil yang tentunya dibutuhkan oleh masyarakat Jeneponto demikian juga di Bontocani

“Selama inikan memang yang kita pakai adalah bendung untuk pertanian, manfaatnya cukup besar, tentunya terutama jika tinggi muka air bersoal pelayanannya kurang maksimal, dengan diperbaiki maka pelayanan air ke petani lebih maksimal,” ujarnya.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Hendra Wijaya

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

NA Ajak Stakeholder Tuntaskan Proyek KA Urban Makassar dan Regional Sulsel

SULSELSATU.com - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (NA) mengajak seluruh...

Jelang Pencoblosan Pemilu, Danny Pomanto : Gunakan Hak Pilih Kita

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Menjelang hari pencoblosan pemilihan anggota legislatif...

Kepala BPBD Makassar Optimis Partisipasi Pemilih 70 Persen

SULSELSATU.com - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)...

Baca Juga