Waspada DBD, Diskes Parepare Sebut Fogging Hanya Langkah Terakhir

30
Ilustrasi. (Int)

SULSELSATU.com, PAREPARE – Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk.

Pelaksana tugas (Plt) Kadis Kesehatan Kota Parepare, Iwan Asaad mengatakan, ada beberapa hal yang mesti diketahui masyarakat terkait pencegahan penyakit DBD.

“Di antaranya, rutin membersihkan bak mandi seminggu sekali, memperhatikan perabotan rumah tangga yang menampung air, menggunakan kasa nyamuk, jangan menumpuk atau menggantung baju terlalu lama dan gunakan lotion anti nyamuk atau kelambu saat tidur,” kata Iwan.

Menurutnya, perlu juga ada imbauan untuk media agar ikut mengambil bagian dalam upaya mencerahkan dan menyadarkan masyarakat dengan pemberantasan sarang nyamuk dengan Pola 3M. Jangan mengandalkan untuk dilakukan fogging, karena memiliki dampak yang berbahaya.

“Yang pasti, fogging adalah langkah terakhir. Karena kandungan kimia dalam fogging berdampak untuk kesehatan dan lingkungan, dan hanya membunuh nyamuk dewasa,” katanya.

“Selain itu, penting menanam tanaman anti nyamuk seperti sereh lavender, memakai lotion dan memelihara ikan pemakan jentik,” katanya.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Duo Amran Komit Dukung Pendidikan Berkualitas Bagi Putra-Putri Wajo

SULSELSATU.com, WAJO - Bupati Wajo diwakili Wakil Bupati Wajo...

Indah Hadiri Deklarasi Genpi Lutra dan Launching Pasar Digital

SULSELSATU.com, LUTRA - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani...

Tim Bentukan Pemkot Parepare Susun Amdal Pembangunan RS Hasri Ainun

SULSELSATU.com, PAREPARE - Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan gedung...

Baca Juga