Investor Asal Malaysia Tertarik Bangun PLTSa di Jeneponto

320

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Investor asal Malaysia, Nusa Suriamas Group melirik peluang investasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Jeneponto. Perusahaan yang bergerak di bidang energi ini bakal mulai melakukan studi kelayakan dalam waktu dekat.

Executive Chairman Nusa Suriamas Group, Abu Sarin Baha mengatakan, PLTSa yang bakal dibangun di Jeneponto ini nantinya akan menggunakan teknologi dari Finlandia, Korea, dan Malaysia.

Ia pun mengungkapkan alasan pihaknya tertarik untuk membangun PLTSa di Jeneponto.

“Kita dengar apa yang disampaikan Pak Bupati bahwa Jeneponto telah menghasilkan banyak proyek-proyek yang sukses, seperti PTLB dan PLTU,” katanya, usai bertemu dengan Bupati Jeneponto Iksan Iskandar di Kantor Bupati Jeneponto, Kamis (7/2/2019).

Abu Sarin menjelaskan, PLTSa ini nantinya bakal membutuhkan kurang lebih 500 tong sampah per hari untuk mengalirkan energi listrik yang bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga warga.

Salah satu keunggulan PLTSa ini adalah selain dari sampah rumah tangga, bahan baku juga bisa berasal kotoran sapi, kotoran ayam, dan sebagainya.

“Setelah teken MoU-nya, kita akan studi kelayakan selama 4 bulan dan selanjutnya dilanjutkan ke pembangunannya,” katanya.

Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar menyambut baik rencana pembangunan PLTSa di Jeneponto.

“Saya sebagai Bupati Jeneponto tentunya merespon baik atas kedatangan investor dari Malaysia ini. Untuk proses selanjutnya akan kita lakukan MoU, mungkin minggu depan atau kapan,” katanya.

Penulis: Dedi
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga