Barcelona Telah Poyeksikan Masa Depan Tanpa Peran Lionel Messi

17
Messi
Lionel Messi. (Int)

SULSELSATU.com, BARCELONA – Lionel Messi memang menjadi sosok yang paling banyak berperan dalam skuat Barcelona. Ada 32 gelar yang diraih Blaugrana bersama bintang Argentina berjuluk La Pulga itu.

Bagaimana Barcelona tanpa Messi?

32 gelar yang diraih Barcelona bersama Messi itu masing-masing sembilan gelar liga domestik, enam gelar Copa del Rey, tujuh gelar Piala Super Spanyol, empat gelar Liga Champions, tiga gelar Piala Super Eropa, serta tiga gelar Piala Dunia Klub.

Saat ini, Messi sudah berusia 31 tahun. Dan pada 24 Juni 2019 nanti, usia Messi akan genap 32 tahun. Sebuah usia senja bagi seorang pesepakbola profesional. Meski belum bisa dipastikan kapan Messi pensiun, Barcelona sudah harus siap kehilangan sang megabintang.

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu menegaskan, bahwa timnya sudah menyiapkan diri jika Messi memutuskan pensiun nanti. Bartomeu tetap ingin Barcelona tetap berjaya di kompetisi domestik, Eropa, dan dunia, meski tanpa kehadiran Messi. Mendatangkan banyak pemain muda, dirasa Bartomeu adalah bentuk persiapan di masa depan.

“Saya tahu suatu hari Lionel akan mengatakan dia pensiun. Kami harus mempersiapkan klub untuk masa depan. Kami membawa pemain muda hebat ke tim karena kami perlu melanjutkan era kesuksesan ini. Itu tanggung jawab kami,” ujar Bartomeu di acara 5 Live Football Daily.

Selain itu, Bartomeu juga ingat bahwa masa jabatannya sebagai Presiden Barcelona tinggal dua tahun lagi. Oleh sebab itu, pria 56 tahun ini ingin meninggalkan Barcelona dalam keadaan baik. Bartomeu ingin memberikan sebuah warisan yang bisa diteruskan oleh suksesornya nanti.

“Mandat saya akan selesai dalam dua musim. Jadi, saya harus meninggalkan klub dalam posisi yang bagus dan memberi tahu presiden baru ‘itu warisan kami’,” kata Bartomeu.

Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Baca Juga