Tim Jokowi Fokus Bikin Meme untuk Dongkrak Popularitas di Medsos

12
Sekjen PPP Asrul Sani. (Int)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Arsul Sani mengatakan, pihaknya akan terus berupaya untuk mendongkrak popularitas Jokowi-Ma’ruf di media sosial jelang Pilpres 2019.

Salah satu caranya dengan fokus membuat meme atau gambar-gambar kreatif yang disebarkan di media sosial.

Menurut Sekretaris Jenderal PPP itu, hal tersebut telah dilakukan dalam beberapa bulan terakhir dan telah meningkatkan popularitas Jokowi-Ma’ruf di media sosial.

“Kami saat ini fokus membuat meme-meme dan alhamdulillah apa yang kami yakini memberikan pencerahan kepada masyarakat karena juga ada dukungan juga dari media arus utama,” kata Arsul, seperti dikutip dari CNNIndonesia, Jumat (8/2/2019).

Dia menerangkan, hal itu dapat dilihat dari hasil survei yang baru dirilis oleh lembaga Politicawave, di mana Jokowi-Ma’ruf unggul dari paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam perbincangan di media sosial dengan angka 57,25 persen berbanding 42,75 persen.

Menurut politisi PPP itu, pihaknya mengambil langkah untuk meningkatkan popularitas Jokowi-Ma’ruf di medsos setelah sempat dinyatakan tertinggal pada hasil survei sebelumnya.

“Kami terima sebagai sebuah masukan. Karena faktualnya media sosial itu sebagai sarana ekspresi, termasuk kampanye untuk pemilu, ya terlepas dari soal hoaks dan ujaran kebenciannya, maka kami tingkatkan juga performance kami,” katanya.

Sebelumnya, Politicalwave merilis Jokowi-Ma’ruf merupakan kandidat capres-cawapres terfavorit bagi netizen. Mereka mengalahkan Prabowo-Sandiaga dengan selisih angka sekitar 15 persen.

“Kalau yang saya paparkan dari tadi, suara netizen saat ini 57,25 persen ke Paslon 01, ke Paslon 02 42,75 persen,” kata peneliti Politicawave Yose Rizal di bilangan Cikini, Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Angka-angka tersebut berasal dari analisa terhadap percakapan netizen di media sosial sepanjang 28 Januari-4 Februari. Total percakapan netizen yang diriset sebanyak 1.899.881. Dari angka tersebut, 57,25 persen netizen membicarakan Jokowi-Ma’ruf. Sisanya, yakni 42,75 persen, netizen menyinggung Prabowo-Sandi.

Merujuk dari hasil survei, Yose mengatakan sebanyak 80 persen dari total percakapan Jokowi-Ma’ruf bernada positif. Kemudian 20 persen di antaranya bernada negatif.

Lalu, netizen yang membicarakan isu positif tentang Prabowo-Sandi sebanyak 74 persen dari total percakapan yang menyinggung paslon 02 tersebut. Sisanya, yakni 26 persen, mengungkit isu negatif.

Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Sematkan Rompi Linmas dan ID Card Pemantau TPS, Ini Pesan Taufan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe,...

Bupati dan Ketua DPRD Sinjai Hadiri Apel Masa Tenang Pemilu Bersama TNI-Polri

SULSELSATU.com, SINJAI - TNI Polri Kabupaten Sinjai menggelar apel...

197 CPNS di Parepare Terima SK

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sekitar 197 Calon Pegawai Negeri Sipil...

Baca Juga