Cegah Wabah Demam Berdarah, Dinkes Pinrang Aktif Lakukan Fooging

14

SULSELSATU.com, PINRANG – Menghadapi musim penghujan, Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang melakukan fogging di wilayah endemik penularan wabah penyakit demam berdarah dengue.

Hal tersebut dilakukan guna untuk menekan angka penderita DBD yang kerap meningkat di musim penghujan.

“Kami lakukan langkah antisipasi dengan pengasapan di beberapa wilayah endemik,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang, drg Dyah Puspita Dewi, Jumat (8/2/2019).

Menurutnya, salah satu wilayah endemik penularan wabah DBD di Kabupaten Pinrang adalah di Kelurahan Penrang, Kecamatan Watang Sawitto.

“Untuk wilayah yang endemik DBD itu berdasarkan data tahun sebelumnya, dimana Dinas Kesehatan sudah memetakan wilayah-wilayah yang merupakan endemik penyakit DBD. Pada wilayah tersebut dilakukan pengasapan agar nyamuk yang menjadi sarana penularan virus ini, siklus hidupnya dapat terputus,” beber Dyah.

Selain itu, Dinkes Pinrang juga memiliki tim Juru Pemantau Jentik (Jumantik) yang bertugas untuk memantau perkembangan jentik sebagai cikal bakal nyamuk Aedes Aegepty.

“Antisipasi paling mudah adalah dengan melakukan gerakan 3 M yaitu menutup tempat penampungan air, menguras dan mengosongkan genangan air dan mengubur sampah yang berpotensi menimbulkan genangan,” jelas Dyah.

Penulis: Hasrul
Editor: Awang Darmawan18

Rekomendasi Berita

Baca Juga