Mantan Caleg dan Simpatisannya Geruduk Kodim 1405 Mallusetasi Parepare

21
Simulasi unjuk rasa di Kodim 1405 Mlts Parepare. (Ist)

SULSELSATU.com, PAREPARE – Puluhan orang berunjuk rasa di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 1405/Mallusetasi (Mlts), Jumat (8/2/2019).

Kedatangan demonstran diinisiasi salah seorang calon anggota DPRD yang tidak menerima hasil akhir suara pemilihan legislatif 2019. Ini disampaikan Dandim 1405/Mlts, Letkol Arm Adi Hamsyah.

“Jadi keributan atau aksi demo yang terjadi di Makodim 1405/Mlts merupakan simulasi persiapan pengamanan pemilu, baik pilpres maupun Pileg April 2019,” ujarnya, Jumat (8/2/2019).

“Simulasi ini dilakukan sebagai wujud kesiapan TNI jika sewaktu-waktu ada salah seorang caleg atau pendukung yang tidak terima hasil pemilihan atau menganggap TNI tak netral, sehingga personel Kodim dibekali taktik agar tercipta pengamanan yang sesuai standar operasional pengaman demonstrasi,” jelasnya.

Menurut Adi, kegiatan ini merupakan perintah langsung dari Kodam untuk dilaksanakan di setiap jajaran TNI, dan merupakan simulasi pertama yang digelar di Makodim 1405/Mlts.

Ada pun yang terlibat dalam simulasi tersebut, yakni dari satuan kompi jajaran Kodim 1405/Mlts, yang dibagi menjadi dua, pasukan pengamanan dan pasukan demonstrasi.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Baca Juga