Pasca Diaudit dan Renovasi, PSM Bisa Berlaga di Stadion Barombong

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Besar harapan masyarakat Sulawesi Selatan agar Stadion Barombong menjadi homebase baru klub PSM Makassar.

Stadion yang dibangun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan murni menggunakan dana APBD Sulsel ini telah merampungkan konstruksi fisiknya. Atapnya sudah selesai, namun masih akan dilakukan renovasi.

Perencanaan awalnya, daya tampung stadion ini 40 ribu orang. Namun, setelah disetting bertaraf internasional dengan kursi perorangan, maka diperkirakan sebanyak 30 ribu – 35 ribu kursi.

Sementara luas stadion ini 4 hektare untuk konstruksi stadion, sedangkan luas lahan keseluruhan sebesar 11 Haktare

Pejabat Pembuat Komitmen (PKK) Stadion Barombong, Muhlis P, mengungkapkan, kondisi stadion sebenarnya sudah memungkinkan untuk dipakai latihan, tapi masih akan dilakukan renovasi dan saat ini sedang dalam proses audit.

“Kalau latihan, inikan dipakai terus latihan sama anak-anak, orang masyarakat sekitar sini, bahkan All Star PSM. Sudah bisa dipakai latihan,” kata Muhlis, Sabtu (9/2).

Namun, Muhlis menekankan, saat ini masih dapat dipakai latihan sebagai ajang promosi. Tetapi setelah direnovasi tidak bisa lagi dipakai. Karena dikhususkan untuk pertandingan, demi menjaga kualitas rumputnya.

Tetapi jika ingin digunakan untuk pertandingan resmi PSM, menurutnya, bisa setelah mendapatkan izin. Lima bulan setelah renovasi sudah bisa digunakan.

“Kalau kita dikasih izin, menyelesaikan tahun ini. Setelah lima bulan renovasi, itu sudah siap dipakai karena sudah bertaraf internasional,” sebutnya.

Saat ini masih dalam proses audit dan masih ditunggu hasilnya. Untuk kemudian selanjutnya dilanjutkan renovasi. Adapun biaya renovasi sebesar Rp 5 miliar dari APBD.

Untuk audit, lanjutnya, seluruh permintaan data dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel telah diserahkan. Bahkan investigasi telah dilakukan dengan mewawancarai pelaksana proyek, perhitungan anggaran, bahkan mereka sudah meninjau lapangan secara langsung.

“Kita sisa menunggu apa kesimpulannya. Kita berharap segera. Karena kita mau perbaiki lapangannya, setelah ada dana renovasi lapangan agar bertaraf internasional, itu kan masih bintang (ditandai) tidak bisa dicairkan, kalau tidak ada persetujuan hasil audit,” jelasnya.

Persetujuan diperlukan agar Rp 5 miliar dari APBD tahun ini untuk renovasi bisa dicairkan. Pasalnya, anggaran tidak bisa dicairkan jika belum ada hasil audit. Apalagi hal ini merupakan permintaan dari Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah kepada BPKP.

Dia berharap agar hasilnya segera turun, sehingga bisa dilakukan review perencanaan untuk bahan lelang fisik renovasi lapangan sepakbola. Termasuk juga lelang pengawasannya. Untuk persoalan hukum, telah didampingi TP4D Kejati Sulsel sejak tahun 2017 dan 2018, dan setiap tahun diperiksa oleh BPK.

“Sampai detik ini belum ada indikasi kerugian negara. Kita optimistis tidak ada pelanggaran hukum, kalau ada dari awal TP4D Kejati pasti sudah berikan peringatan karena ini dampingi terus. Mulai dari perencanaan dan pelaksanaan,” ujarnya.

Sejak dikeluarkannya perintah audit keuangan pada 21 Desember 2018, telah dilaporkan bahwa anggaran yang telah terpakai selama proses pembangunan itu sebanyak Rp 226,6 miliar (2013-2018).

Sekarang progres fisik stadion 95 persen, pembangunan fisik lainnya yang masih harus dikerjakan seperti jalan lingkar, parkir, MEP (mekanikal, elektrikal dan plumbing/ pemipaan) dan lainnya, seperti kursi dan papan skor.

“Dan lebih penting juga adalah lintasan lari yang juga bertaraf internasional dan menggunakan biaya cukup besar juga. Harapan kita (Stadion Barombong) menjadi duplikat Gelora Bung Karno GBK Senayan Jakarta di wilayah timur, itu mimpinya,” ucapnya.

Tambahnya, dana tahun 2018 untuk pekerjaan fisik atapnya sudah rampung 100 persen. Selesai 2 Desember 2018 sesuai kontrak.

“Sebagai bahan perbandingan, untuk Stadion Solo hanya renovasi stadion menghabiskan dana Rp 350 miliar. Begitu juga Stadion Patriot (Candrabhaga). Kita membangun dari nol hanya Rp 226 miliar,” paparnya.

Lanjutnya, Muhlis sangat memahami harapan masyarakat Sulsel yang sangat merindukan hadirnya stadion representatif di Sulsel.

Nurdin Abdullah juga berharap, Stadion ini dapat secepatnya digunakan. Namun, perlu dilakukan audit terlebih dahulu sebelum dilanjutkan pembangunannya.

“Stadion Barombong sedikit lagi akan selesai, mohon dukungannya,” ucapnya saat menyaksikan laga pamungkas Liga 1 2018 mempertemukan PSM dengan PSMS Medan di Stadion Mattoanging, 9 Desember 2018 lalu.

Adapun untuk audit dilakukan untuk mengetahui batasan tanggung jawab pemerintahan yang baru, dibawah Nurdin Abdullah – Andi Sudirman Sulaiman. Mengetahui kebutuhan anggaran untuk penyelesaian stadion. Dan mereview kelayakan stadion dari segi kekuatan bangunan, kualitas bahan dan faktor lainnya.

Gubernur juga ingin hasil audit dijadikan patokan penganggaran. Sehingga, tidak ada lagi penganggaran yang berulang di tiap tahunnya serta dapat selesai dalam sekali penganggaran.

...

POPULER

Sulselsatuvideo

VIDEO: Video Pelajar Diduga Mesum Beredar, Ini Klarifikasi Pihak Sekolah

SULSELSATU.com, PAREPARE - Video pelajar SMK yang diduga mesum di Kota Parepare beredar dan sempat viral. Video berdurasi duabelas detik ini direkam dalam kelas, di...
Sulselsatu

3 Cara Ampuh Keluarkan Lendir Saat Bayi Batuk Pilek

SULSELSATU.com - Kondisi Si Kecil yang baru lahir memang membuatnya rentan terhadap berbagai penyakit. Terlebih jika cuaca di luar sedang tak menentu. Akibatnya, bukan hanya...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Pasangan Ini Kedapatan Berhubungan Intim di Pesawat

SULSELSATU.com - Pria dan wanita terpergok sedang melakukan hubungan intim di pesawat. Momen itu terjadi dalam penerbangan menuju Meksiko. Tanpa memedulikan keberadaan penumpang lain. Video Editor: Andi...
Sulselsatu

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...
Sulselsatu

Sekda Makassar Tertibkan Randis Pejabat

SULSELSATU.com , MAKASSAR - Sekretaris Daerah Kota Makassar Muh. Ansar menertibkan pejabat lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang memiliki Kendaraan Dinas (Randis) lebih dari...
Sulselsatu

Mahasiswa Unhas Gugat UU Capil dan Kependudukan di MK

SULSELSATU.com, JAKARTA - Mahkamah Konstitusi mulai menyidangkan uji materi Undang Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang...
Sulselsatu

Ubah Lokasi Kumuh Menjadi Layak Huni, Iqbal Suhaeb Harap Warga Sadar Lingkungan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb meresmikan lokasi percontohan  RISE yang diadakan oleh Monash University dan ADB (Asian Development Bank) di...
Sulselsatu

Video Pelajar SMK Diduga Mesum Beredar di Parepare, Ini Kata Pihak Sekolah

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sebuah video pelajar yang diduga mesum beredar dan viral di media sosial. Video berdurasi duabelas detik ini direkam dalam kelas, dimana...
Sulselsatu

FOTO: Petugas Amankan Pelaku Pencabulan Anak Pengungsi Palu

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penyidik Polrestabes Makassar menginterogasi pelaku pencabulan korban gempa Palu yang mengungsi ke Makassar di Kantor Mapolrestabes, Jalan Ahmad Yani, Makassar, Rabu...

Baca Juga

Sulselsatu

Jelang Pelantikan, 30 Anggota DPRD Sinjai Periode 2019-2024 Ikuti Gladi

SULSELSATU.com, SINJAI- Menjelang Pelantikan Anggota DPRD Masa Jabatan 2019-2024 Panitia Sekretariat DPRD menggelar Gladi Bersih, berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Senin (18/11/219). Tampak hadir...
Sulselsatu

Utang BPJS Rp11 Miliar, Pendapatan RSUD Daya Tak Capai Target

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pendapatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya tidak mencapai target. Selain parkir, utang BPJS Kesehatan juga menjadi faktor. Utang BPJS Kesehatan di...
Sulselsatu

Baru 12 Puskesmas di Makassar Berstatus BLUD

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, A Naisyah Tun Azikin mengatakan, hingga saat ini baru 12 Puskesmas di Kota Makassar yang menyandang...
Sulselsatuvideo

VIDEO: DPRD Jeneponto Fokus Bahas KUA PPAS APBD Pokok 2020

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Anggota DPRD Jeneponto terus menggenjot pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) untuk APBD Pokok Jeneponto 2020. Beberapa...

TERKINI

Sulselsatu

Disnaker Pastikan 50 Perusahaan Gabung di Job Fair 2019

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar memastikan 50 perusahaan...
Sulselsatu

Mendikbud Nadiem Makarim Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia

SULSELSATU.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan Nadiem Makarim masuk dalam daftar 100...
Sulselsatu

Kakek 63 Tahun Tewas Usai Kencan dengan Waria

SULSELSATU.com, JAKARTA - Seorang kakek berusia 63 tahun, Irwan ditemukan tewas...
Sulselsatu

Tarif Tol Makassar Naik Mulai 22 November

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Tarif Jalan Tol Seksi IV akan berubah mulai...
Sulselsatu

Terima DIPA 2020, Pemkot Makassar Bakal Revisi Aturan Penghambat Investasi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb berencana mengevaluasi...
Sulselsatu

NasDem Sulsel Tunggu Hasil Penjaringan DPD

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif mengaku belum...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Truk Muat Tanah Timbunan Timpa Mobil Tewaskan 4 Orang, 1 Balita Selamat

SULSELSATU.com - Kecelakaan maut terjadi di Tangerang, pada Kamis (1/8/2019). Sebuah truk bermuatan tanah terguling dan menimpa satu unit mobil. Empat orang dinyatakan tewas dalam kejadian...