Pemerintah Siapkan Rp6 Triliun untuk Program Sambung Listrik Gratis

44
Pekerja dari PLN memasang listrik baru di Jalan Rappocini, Makassar, Senin (17/12/2018). (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Pemerintah menyiapkan anggaran Rp6 triliun untuk menggenjot program sambungan listrik gratis bagi masyarakat miskin tahun ini. Pemerintah menargetkan, tahun ini ada 1,2 juta masyarakat miskin yang dapat merasakan program tersebut.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, anggaran tersebut rencananya akan disuntikkan ke PLN demi mempercepat realisasi program tersebut.

“Ada rencana untuk tambahan penyertaan modal negara, itu kurang lebih Rp6 triliun untuk memberikan sambungan listrik gratis di tahun ini,” katanya seperti dikutip dari Antara, Senin (11/2/2019).

Jonan mengatakan kemungkinan target tersebut bisa dicapai dan bahkan melampaui yang telah ditetapkan pemerintah. Pasalnya, selain mendapatkan bantuan berbentuk penyertaan modal negara ke PLN, program sambungan listrik gratis juga akan mendapatkan bantuan dari dana APBN yang dikelola Kementerian ESDM.

“DIPA Kementerian ESDM itu ada 100 ribu sampai 150 ribu sambungan,” katanya.

Selain itu, program tersebut juga akan mendapatkan topangan dari CSR sejumlah BUMN. Beberapa BUMN akan menggelontorkan dana CSR mereka untuk ikut mendukung pelaksanaan program tersebut.

BUMN tersebut, antara lain PLN, Bulog, Jamkrindo, Pegadaian, Semen Indonesia, Perhutani, BRI, Pindad, Telkom dan Telkomsel. Jonan berharap pemberian bantuan tersebut nantinya bisa meningkatkan rasio elektrifikasi nasional yang ditargetkan bisa mencapai 99,9 persen di 2019 ini.

“Saya optimis itu semua bisa tercapai,” katanya.

Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga